Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

Krisis Ketersediaan Air jadi Perhatian Dunia

Husen Miftahudin - 12 Juli 2018 14:11 wib
Ilustrasi. (Foto: Antara/Ahmad).
Ilustrasi. (Foto: Antara/Ahmad).

Jakarta: Berkurangnya ketersediaan sumber daya air (SDA) dan perubahan global menjadi perhatian dunia. Dewan Air Asia (Asia Water Council/AWC) yang berfokus pada solusi masalah air meminta pemimpin dunia untuk memusatkan perhatian mereka pada masalah ketersediaan air.

Vice President AWC Firdaus Ali mengatakan solusi krisis air perlu penyatuan visi seluruh pemimpin dunia. Sebab, tindakan penyelesaian ketersediaan air harus menggunakan pendekatan dan alat implementasi yang tepat dan efektif agar sejalan dengan pembangunan berkelanjutan.

"Keberadaan AWC menjadi penting bagi solusi masalah air di Asia, bersamaan dengan meningkatnya permintaan internasional terhadap strategi baru dan tindakan lebih lanjut dalam mencapai tujuan pembangunan yang Berkelanjutan," kata Firdaus pada kick off meeting The 2nd Asia International Water Week dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Firdaus Ali yang juga Staf Khusus Menteri PUPR itu menegaskan AWC bersama seluruh pemangku kepentingan melakukan pemilihan pendekatan yang tepat dalam pelaksanaan dan tindakan bersama yang aktif serta efektif.

AWC melakukan pelaksanaan proyek air mengutamakan prinsip pendekatan holistik, terpadu, transparan, ekonomi, dan ekologis.

"Implementasi yang tepat adalah kunci keberhasilan AWC. Hanya implementasi yang tepat yang akan memastikan bahwa daya saing, kesehatan, dan keanekaragaman hayati kita tidak terancam," imbuh Firdaus.

Sebagai ajang promosi Indonesia di mata dunia, Firdaus mengundang para delegasi AWC untuk menghadiri Pekan Air Internasional Asia ke-2 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada Oktober 2020.

"Saya ingin menyambut para delegasi semua untuk mengunjungi Indonesia yang kaya. Sebuah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 15 ribu pulau, di mana air memiliki nilai penting bagi negara ini," tutup dia.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KRISIS AIR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-07-2018