Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Kemenperin Sebut IKM Mulai Rambah e-Commerce

Kautsar Widya Prabowo - 14 Maret 2018 07:46 wib
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai perkembangan sektor perdagangan menggunakan teknologi dalam bertransaksi atau e-commerce di Indonesia mulai dirambah Industri Kecil Menengah (IKM). Hal tersebut didukung dengan tren masyarakat yang berbelanja secara online dari waktu ke waktu.

Atas dasar itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengajak sebanyak 10 ribu pelaku IKM di seluruh Indonesia untuk mengikuti workshop e-Smart IKM. Program yang diluncurkan tahun lalu bertujuan untuk menghadapi era revolusi industri keempat atau Industry 4.0.

Pihaknya menyadari pelaku IKM perlu mendapat program pembinaan yang tepat sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing sekaligus memperluas pasar ekspor. Hal itu menjadi penting karena bisa berkontribusi positif terhadap laju perekonomian Indonesia di masa mendatang.

"Kemenperin meluncurkan program e-Smart IKM yang bertujuan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital," ujar Airlangga Hartarto, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Kemenperin mencatat sektor kerajinan terus menunjukkan kinerja yang positif, di mana nilai ekspor pada 2017 mencapai USD776 juta. Perolehan tersebut naik sebanyak 3,8 persen dibandingkan dengan di 2016 yang mencapai USD747 juta.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla mengatakan, pameran tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk kerajinan khususnya mode dan aksesoris Indonesia.

"Setelah kenal timbul rasa cinta dan suka, sehingga mau membeli dan mengenakan produk buatan anak bangsa," pungkasnya.

 


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG E-COMMERCE
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-06-2018