Kepala BKPM: Industri Lifestyle Serap Banyak Tenaga Kerja

Suci Sedya Utami - 12 Oktober 2017 19:36 wib
Kepala BKPM Thomas Lembong. MI/ADAM DW.
Kepala BKPM Thomas Lembong. MI/ADAM DW.

Metrotvnews.com, Tangerang: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengatakan tumbuhnya masyarakat kelas menengah dibarengi dengan perubahan pada industri lifestyle atau gaya hidup.

Lembong menyatakan industri lifestyle banyak menyerap tenaga kerja sebab sifatnya yang padat karya, seperti di sektor pariwisata dan lain sebagainya.

"Lifestyle industri sangat-sangat padat karya. Dari pekerja kafe, restauran, staf dapur sampai pariwisata. Ini kan jasa semua," kata Lembong di acara Seminar Trade, Tourism, dan Investment di ICE BSD, Tangerang, Kamis 12 Oktober 2017.

Terkait besaran potensi industri ini dalam hal investasi, mantan Menteri Perdagangan ini mengaku belum bisa menghitungnya sebab industri lifestyle sebagai paradigma baru. Namun dia mencontohkan, untuk pariwisata, investasi di sektor tersebut yakni 35-40 persen per tahun dari kenaikan investasi secara total 12-14 persen setiap tahunnnya.

"Memang masih kecil. Tapi kalau pertumbuhannya terus begini akan jadi sektor yang sangat-sangat besar," ujar dia.

Apalagi, tambah Lembong, semakin besarnya pertumbuhan industri dan sektor ini akan makin besar sejalan dengan pertumbuhan kelas menengah. Oleh karenanya pergeseran pola konsumsi dari yang tadinya belanja menjadi ke konsumsi lifestyle berupa pengalaman perjalanan menjadi hal yang harus diikuti dan dipantau terus oleh pemerintah.



(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BKPM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017