7 Hal yang Harus Diperhatikan Wanita Karier dalam Mengelola Keuangan

Gervin Nathaniel Purba - 20 September 2017 13:07 wib
Wanita karier dan mandiri perlu mendapatkan perlindungan kesehatan dan melakukan investasi masa depan (Foto:Shutterstock)
Wanita karier dan mandiri perlu mendapatkan perlindungan kesehatan dan melakukan investasi masa depan (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang mengeluhkan, gaji bulanan seperti hanya menumpang lewat begitu saja di rekening tabungan. Ludes dalam beberapa hari untuk memenuhi kebutuhan hidup. Padahal, kebutuhan hidup terasa begitu banyak dan seolah tiada habisnya.

Di sinilah pentingnya Anda melakukan perencanaan keuangan. Khusus bagi wanita yang aktif bekerja, merencanakan keuangan berarti termasuk memperhitungkan gaya hidup, kesehatan, dan kebutuhan entertainment. Sebab, banyak di antara wanita berkarier yang juga seorang ibu, lebih memprioritaskan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga ketimbang dirinya sendiri.

Ric Edelman, seorang pakar keuangan bersertifikat dari Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul “The Truth About Money” mengatakan bahwa perencanaan keuangan memiliki banyak manfaat. Beberapa di antara manfaatnya yaitu melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko secara finansial, mengurangi utang, membiayai kehidupan saat tidak lagi berada dalam rentang usia produktif, mampu menentukan masa pensiun dengan gaya hidup yang diinginkan, membiayai perawatan yang bersifat jangka panjang, dan mewariskan kesejahteraan kepada generasi berikutnya.

Dalam merencanakan keuangan, Anda mesti melakukan sejumlah hal, berikut ini:

1. Prioritaskan tujuan

Wanita cenderung memikirkan semua hal dalam waktu bersamaan. Perlu diputuskan apa tujuan yang paling prioritas dalam hidup Anda.

2. Pilih penasihat keuangan yang tepat

Penasihat keuangan dapat memahami kebutuhan Anda. Biasanya penasihat wanita dinilai lebih mengerti dan terbuka untuk mendengar keluhan.

3. Investasi dengan percaya diri

Hampir 50 persen penelitian mengatakan bahwa wanita kurang percaya diri ketika berinvestasi dan hanya 13 persen yang mengatakan bahwa mereka sangat percaya diri.

4. Lindungi masa pensiun

Kelangsungan hidup finansial Anda bergantung pada kesanggupan membayar diri Anda terlebih dahulu dengan menabung untuk masa pensiun.

5. Kenali rencana pensiun pasangan Anda

Bagi wanita yang sudah menikah, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang dipikirkan pasangan Anda untuk masa pensiunnya.

6. Siapkan biaya untuk anak

Selain memikirkan diri sendiri, sangat penting seorang wanita menyiapkan keuangan untuk menghadapi biaya pendidikan dan biaya hidup anak-anak.

7. Rencanakan asuransi jangka panjang

Salah satu langkah dalam mengatur perencanaan keuangan ialah dengan memiliki asuransi. Sebab, asuransi dapat meringankan hal-hal yang terjadi tak terduga. Asuransi juga dapat dijadikan solusi mengatur perencanaan keuangan pada waktu yang telah diprediksi.

Rencana keuangan Anda perlu menyertakan harapan Anda tentang siapa yang akan membantu Anda seiring bertambahnya usia dan sumber keuangan apa yang akan Anda miliki untuk kebutuhan perawatan medis.

AXA Mandiri bisa menjadi salah satu solusinya. Untuk memenuhi hasil investasi yang maksimal tentunya dibutuhkan asuransi yang tepat, Rencanakan Lebih bersama Wanita Mandiri Plus. Produk ini merupakan solusi bagi wanita karier dan mandiri dalam memberikan perlindungan kesehatan dan investasi masa depan.





(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INVESTASI KEUANGAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017