Regulasi Wajib Garasi Disebut Membebani UKM

M Sholahadhin Azhar - 13 September 2017 16:31 wib
Pemilik kendaraan memarkir kendaraan di luar rumah lantaran tak ada garasi - MTVN/M Sholahadhin Azhar,
Pemilik kendaraan memarkir kendaraan di luar rumah lantaran tak ada garasi - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski dipandang sebagai solusi kemacetan dan dapat memaksimalkan kendaraan umum, aturan wajib garasi bagi pemilik mobil dinilai membebani, terutama bagi Usaha Kecil Menengah. Alfan, karyawan produsen tahu di Petukangan menyebut regulasi itu kurang pas dilakukan.

"Buat kita yang UKM ini kan enggak punya parkiran. Kalau enggak boleh punya mobil bak, mau angkat tahu pakai apa," kata Alfan kepada Metrotvnews.com di kawasan Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Rabu 13 September 2017.

Selama ini, produksi tahu mengandalkan pengiriman dengan mobil pick up. Moda darat itu diparkir di tanah lapang seberang rumah produksi tahu. Jika Pemprov DKI Jakarta menerapkan kewajiban untuk punya lahan parkir sebelum memiliki mobil, maka UKM itu terancam gulung tikar.

Menurut Alfan, usaha yang dirintis di rumah kontrakan di pinggir jalan itu berpotensi berkembang pesat. Ke depan, kemungkinan pihaknya bakal membeli mobil pick up baru untuk memenuhi pesanan. Namun, angan itu bakal pupus kalau regulasi itu digolkan Pemprov.

"Kita juga nyumbang pemasukan buat daerah, lha kok pemerintah gini," keluh dia. 

Keberatan serupa juga disampaikan Dyanti, pengusaha katering di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat. Ia merintis usaha sebagai pengelola warteg sejak 2008 dan berganti bidang menjadi katering di 2015. Selama ini, ia memakai jasa pengiriman online melalui Gojek atau Grab.

Sempat terbersit keinginan untuk membeli mobil untuk mengantarkan pesanan. Namun, diurungkan sejak berita mengenai kewajiban garasi bagi pemilik mobil santer beredar.

"Sekarang kita usaha di kontrakan pinggir jalan, enggak ada garasi. Mau gedein usaha tapi ada peraturan ini, gimana caranya," keluh dia.
 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMILIK MOBIL WAJIB PUNYA GARASI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 25-11-2017