Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

7 Pasangan Ikonik di Perfilman Indonesia

Cecylia Rura - 11 Januari 2018 19:10 wib
Rangga dan Cinta di AADC 2 (Foto: dok. miles films)
Rangga dan Cinta di AADC 2 (Foto: dok. miles films)

Jakarta: Ada banyak kisah perjalanan cinta sepasang kekasih di Indonesia yang diangkat ke layar lebar. Baik fiksi maupun yang diadaptasi dari kisah nyata.

Kepopuleran sepasang kekasih bahkan menjadi bagian dari memori para penikmat film Indonesia hingga merekam nama panggung mereka diselipkan lewat kiasan untuk menggambarkan kisah cinta di kehidupan nyata.

Nama-nama pasangan fenomenal yang diangkat ke dalam film kemudian juga dijadikan kiasan untuk pasangan remaja yang dimabuk asmara, yang tak melulu merujuk pada kisah romantis pasangan Romeo dan Juliet. Sebut saja Rangga dan Cinta yang sukses lewat Ada Apa Dengan Cinta (AADC) yang populer di kalangan remaja era 2000-an.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut daftar pasangan fenomenal yang melejit namanya lewat film Indonesia.

1. Galih dan Ratna (Rano Karno dan Yessy Gusman)

Galih dan Ratna (Foto: Youtube)

Sebelum pasangan Rangga dan Cinta populer, Galih dan Ratna lebih dulu mencuri perhatian publik di Tanah Air. Pasangan ini dikenal lewat film Gita Cinta dari SMA yang dirilis tahun 1979.

Galih dan Ratna diperankan oleh Rano Karno dan Yessy Gusman. Nama pasangan ini kemudian melegenda hingga dibuatkan lirik lagu oleh musikus legendaris Chrisye pada 1980. Berganti era dan zaman, lagu ini dikemas ulang oleh musisi yang populer di zamannya seperti D'Cinnamons yang membawakannya lewat iringan permainan gitar pada 2009. Tahun 2017, Galih dan Ratna ciptaan Chrisye kembali dibawakan oleh grup musik GAC lewat dentuman musik populer yang diberi sentuhan beat kencang.



Tak hanya musik, keabadian kisah cinta tokoh Galih dan Ratna kembali diangkat dalam kemasan modern lewat film Galih dan Ratna yang diperankan Refal Hady dan Sheryl Sheinafia. Film ini dirilis tahun 2017 di bawah arahan sutradara Lucky Kuswandi.

2. Rangga dan Cinta (Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo)

AADC (Foto: miles films)

Dialog "Rangga, kamu jahat" tampak seperti fenomena menahun yang bersumber dari film remaja Ada Apa Dengan Cinta. Film yang diperankan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo mulai populer di era milenium.

Nama Rangga dan Cinta seolah menjadi pasangan baru yang menyusul kesuksesan kisah cinta remaja di SMA yang lebih dulu ditampilkan lewat Galih dan Ratna di era 70-an. Kepopuleran film karya Rudi Soedjarwo ini kemudian mendorong sutradara Mira Lesmana kembali menghidupkan tokoh Rangga dan Cinta (masih diperankan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo) lewat film pendek berdurasi 10 menit 24 detik yang dirilis lewat saluran YouTube. Film ini dirilis tahun 2014, 12 tahun setelah film orisinil terbit ke pasar Indonesia.

Tahun 2016, kisah Rangga dan Cinta kembali dilanjutkan lewat film Ada Apa Dengan Cinta 2 lewat arahan sutradara Riri Riza. Sekuel film Ada Apa Dengan Cinta diproduksi Miles Production dan masih mendapuk Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo sebagai tokoh utama.


3. Adit dan Tita (Samuel Rizal dan Shandy Aulia)

Eiffel..Im in Love 2 (Foto: dok. Soraya Intercine Film)

Seolah menyusul kesuksesan pasangan Rangga dan Cinta, drama remaja romantis Adit dan Tita ditampilkan lewat film Eiffel... I'm in Love yang dirilis pada 2003, setahun setelah film Ada Apa Dengan Cinta. Cerita cinta yang ditulis Rachmania Arunita yang kemudian diangkat ke layar lebar lewat arahan sutradara Nasri Creppy ini memberikan bumbu humor di mana Tita si gadis manja dipasangkan dengan Adit yang super cuek.

Kesuksesan film ini kemudian berlanjut dan dibuatkan sekuel kedua yang akan dirilis Februari 2018.

4. Farel dan Luna (Irwansyah dan Acha Septriasa)

Acha dan Irwansyah di Heart (Foto: milimeter.blogspot.com)

Kisah Farel (Irwansyah) dan Luna (Luna) sebenarnya merupakan bagian dari cinta segitiga antar sahabat. Farel awalnya bersahabat sejak kecil dengan Rachel (Nirina Zubir). Cinta Rachel yang diam-diam kepada Farel bertepuk sebelah tangan saat sahabat lamanya itu bertemu dengan Luna, gadis feminin dan lembut, karakter yang bertolak belakang dengan Rachel.

Meski awalnya tokoh Rachel didapuk sebagai tokoh utama, namun perhatian publik terpaku pada kisah cinta Farel dan Luna. Romansa mereka kian berlanjut di dunia nyata, di mana Irwansyah dan Acha terlibat cinta lokasi.

Saat itu, keduanya kerap kali muncul di layar kaca sebagai sepasang kekasih. Lewat film Heart, mereka juga merilis singel populer My Heart. Mereka kemudian kembali membintangi judul film Love is Cinta yang dirilis tahun 2007.

Keduanya kembali didapuk memerankan tokoh sepasang kekasih dalam film Love Story (2011). Kisah asmara mereka di kehidupan nyata harus kandas dan kini telah membina rumah tangga dengan pasangan hidup masing-masing.

Terinspirasi dari film karya Hanny R. Saputra yang dirilis pada 2006 tersebut, empat tahun setelahnya sutradara Nayato Fio Nuala merilis film Heart 2 Heart dengan menggandeng pemain baru, Aliff Ali dan Irish Bella. Alur cerita dalam film ini kurang lebih sama dengan film Heart.

5. Radit dan Jani (Vino G. Bastian dan Fahrani)

Radit dan Jani (Foto: ist)

Masih di era 2000-an, pasangan Radit dan Jani menawarkan kisah yang lebih fresh dari cerita romansa sebelumnya. Film ini mengangkat cerita cinta sepasang remaja dalam lingkaran pergaulan bebas. Keduanya nekat menikah meski ditentang oleh orangtua Jani. Perjalanan mereka memadu kasih dibumbui dengan kisah drama Radit yang memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang ditambah Jani yang hamil di luar nikah.

Yang ikonik dari film ini adalah atribut punk yang dikenakan dengan mengulik kisah cinta anak muda selain menggunakan latar berseragam SMA. Berkat film ini pula Vino dan Fahrani meraih Piala Citra kategori aktor dan aktris terbaik di FFI 2008.

6. Habibie dan Ainun (Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari)

Habibie dan Ainun (Foto: dok. mdpictures)

Diangkat dari cerita cinta Presiden ke-3 Indonesia, Habibie dan sang istri, Ainun, nama Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari kian melejit. Film ini menceritakan kisah cinta Habibie dan Ainun dimulai ketika mereka bertemu, berpacaran hingga kehidupan mereka saat membangun rumah tangga.

Tak hanya bumbu romantis, di dalamnya juga terselip sedikit sosok Habibie yang pekerja keras serta gambaran ketika ia menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Dengan apik, Reza Rahadian membawakan tokoh Habibie, lengkap dengan detail aksen dan logat Habibie yang khas.

7. Dave dan Caramel (Dimas Anggara dan Michelle Ziudith)

London Love Story (Foto: dok. screenplay)

Pasangan remaja terbaru yang kini mendapat ruang di hati para pecinta film di generasi Milenial dan Gen Z tidak lain adalah Dimas Anggara dan Michelle Ziudith. Keduanya didapuk sebagai sepasang kekasih dalam kisah cinta karangan Tisa Ts. berjudul London Love Story yang dirilis pada Februari 2016.

Singkat cerita, Dave dan Caramel sama-sama memiliki pengalaman pahit soal asmara. Keduanya menjadi skeptis terhadap cinta karena masa lalu mereka. Takdir kemudian mempertemukan mereka dan orang-orang yang terlibat dalam kehidupan percintaan mereka (Adelle dan Bima) di Kota London.

Kompleksitas cinta mereka kemudian berlanjut lewat London Love Story 2 yang dirilis pada Februari 2017 dan sekuel yang terbaru, London Love Story 3 yang kini tengah gencar dipromosikan. Kedua sekuel film masih mendapuk Dimas Anggara dan Michelle Ziudith sebagai tokoh utama.

London Love Story 3 akan tayang mulai 1 Februari 2018.

 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRIVIA FILM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA FILM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-07-2018