DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

5 Musisi Pop Indonesia yang Beralih ke Musik EDM

Cecylia Rura - 13 Januari 2018 07:00 wib
The Row proyek EDM Rowman
The Row proyek EDM Rowman "Ungu" (Foto: medcom/cecylia)

Jakarta: Daya tarik musik elektronik atau dikenal dengan musik EDM tampak mulai menjadi peralihan para musisi pop Indonesia. Kendati belum bisa dipastikan apakah musik elektronik dansa yang kerap diputar di kelab malam bisa bertahan lama, beberapa musisi pop Indonesia memilih beralih memainkan perkusi elektronik yang memperoleh popularitas mainstream di Eropa.
 
Musik EDM sendiri memiliki keragaman jenis, bahkan hibridasi elemen dapat membentuk genre yang sama sekali baru. Oleh karena itu, tak salah jika banyak musisi pop Indonesia yang kemudian beralih memainkan musik elektronik dansa.
 
 
1. Rinni Wulandari
 
Nama Rinni Wulandari pertama kali dikenal di panggung hiburan Indonesia saat ikut dalam ajang pencarian bakat Indonesia Idol Musim Keempat tahun 2007. Mewakili kota Medan, Rinni keluar sebagai pemenang mengalahkan Wilson. Ia kemudian mengeluarkan sebuah album dan dikenal lewat beberapa singel hits Aku Tetap Milikmu, Aku Bukan Boneka dan Oh Baby.
 
Tahun 2015 Rinni kembali mengikuti kompetisi musik The Remix bersama produser musik Jevin Julian membentuk grup Soundwave. Meski menduduki posisi runner-up, musikalitas keduanya terdengar lebih kencang dari jawaranya, Monostereo. Selain memenangkan kontestasi tersebut, Rinni terlibat cinta lokasi bersama pasangannya di Soundwave, Jevin Julian. Mereka kemudian menikah pada Mei 2017 lalu.
 
 
2. Enda dan Onci "Ungu"
 
Dua gitaris band Ungu bekolaborasi dalam satu proyek di luar Ungu. Pada 2014 Enda dan Onci membentuk grup musik Volmax bersama tiga personel lain, Meta, Arien Catherine dan Iannow. Singel pertama mereka berjudul It's Alright yang dirilis pada 2015 dan Everytime.
 
Volmax sendiri masih dinaungi Trinity Optima Production, label yang sama dengan Ungu. Kendati sibuk bersama Volmax, Enda dan Onci masih tetap memprioritaskan Ungu yang kini sedang vakum sejak sang vokalis, Pasha mengabdikan diri sebagai Wakil Wali Kota Palu.


 
 
3. Rowman "Ungu"
 
Seolah mengikuti jejak kawannya, Rowman baru saja merilis proyek singel terbaru mereka Bersamamu sekaligus memperkenalkan grup musik besutannya di luar Ungu yang diberi nama The Rowman. Penabuh drum yang akrab dipanggil Babeh ini menggandeng musisi muda, Rendra dan Ayu Charly's Angel menggarap proyek The Rowman.
 
Grup musik ini awalnya melakukan show secara off-air sejak 2016 lalu, ketika Babeh sementara menggarap proyek The Secret besutan Makki dan Piyu "Padi". Salah satu lagu yang dibawakan adalah Penjaga Hati, lagu yang diciptakan Piyu dan dipopulerkan Ari Lasso. Peluncuran singel yang diadakan di Hard Rock Cafe kawasan SCBD pada Rabu, 10 Januari 2018 dihadiri juga oleh sejumlah kerabat musisi dan personel Ungu, Makki dan Enda.


 
 
4. Mitha "The Virgin"
 
Sejak terlibat dalam penggarapan soundtrack film Promise 2016 lalu, The Virgin mengatakan akan memberi kejutan dengan merilis singel bernunansa EDM. Hal itu dilakukan Mitha lantaran mengikuti zaman yang kini menggandrungi elemen musik eletronik dansa tersebut.
 
Tahun lalu, nama The Virgin seolah tenggelam dari peredaran dan dikejutkan dengan hadirnya Mitha yang kembali membentuk duo Black Champagne bersama DJ Citra Anindya. Bentukan Black Champagne sendiri masih di bawah Republik Cinta Management (RCM) milik Ahmad Dhani. Mereka pun sempat merilis singel bertajuk Jangan Gitu Dong.
 
The Virgin terakhir kali merilis album Positive Negative pada 2014.


 
 
5. Al Ghazali
 
Sebagai anak dari pasangan musisi Maia Estianty dan Ahmad Dhani bukan hal baru jika Al menggeluti dunia musik. Sulung dari tiga bersaudara ini pertama kali muncul di atas panggung musik sebagai gitaris dari band pop-rock The Lucky Laki bersama kedua adiknya, El dan Dul.
 
Seiring berjalannya waktu, Al lebih memilih menekuni musik EDM bersama Maia Estianty dan berprofesi sebagai Disc Jockey.


 



(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRIVIA MUSIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MUSIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 20-10-2018