5 Lagu Musisi Asing Ini Menjiplak Karya Musisi Indonesia?

Cecylia Rura - 15 April 2018 11:15 wib
Lagu Tinggallah Ku Sendiri yang dipopulerkan mendiang Nike Ardilla diduga ditiru penyanyi Katy Perry (Foto: Youtube)
Lagu Tinggallah Ku Sendiri yang dipopulerkan mendiang Nike Ardilla diduga ditiru penyanyi Katy Perry (Foto: Youtube)

Jakarta: Kredibilitas karya musisi dalam menciptakan lagu lahir dari kreativitas yang disebut "terinspirasi dari berbagai hal". Belum lama ini musisi asal Korea EXO-CBX merilis lagu Someone Like You pada 24 Maret 2018. Lagu ini dirilis sekaligus digunakan untuk soundtrack drama Korea berjudul Live.

Lagu ini mendapatkan respons dari penyanyi Erdian Aji Prihartanto atau Anji.

Melalui akun Instagram Anji mengunggah sebuah video berjudul "Mirip-Plagiat?" yang berisi cuplikan video musik Someone Like You, dibawakan EXO-CBX pada 31 Maret lalu. Kemiripan ini tampak pada bagian refrain lagu.
 

• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on Mar 29, 2018 at 8:55pm PDT


Respons yang diperoleh Anji rupanya tak cukup baik bahkan mendapatkan cacian dari penggemar fanatik EXO. Pihak penggemar EXO-L mewakili penggemar fanatik tersebut pun disebutkan telah meminta maaf atas perlakuan penggemar EXO tersebut.

EXO-CBX sendiri merupakan bagian dari grup EXO, yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin. EXO merupakan boyand asal Korea yang dibentuk SM Entertainment dalam format sembilan member, yakni Chen, Baekhyun, Xiumin, Suho, Lay, Chanyeol, D.O., Kai, dan Sehun.

Selain lagu Anji, lima lagu di bawah ini disinyalir memiliki kemiripan dengan karya musisi Indonesia.

1. Katy Perry - Dark Horse (Amerika Serikat) dan Nike Ardilla - Tinggallah Ku Sendiri

Lagu Tinggallah Ku Sendiri yang dipopulerkan mendiang Nike Ardilla diduga ditiru penyanyi Katy Perry dalam lagunya Dark House. Kemiripan ini tampak pada intro kedua lagu yang terdengar sama persis. Lagu Tinggallah Ku Sendiri ini ditulis oleh Yuke NS.

"Intronya, sama persis," papar Yuke dalam wawancaranya bersama NET TV pada April 2014 lalu.

Kendati memiliki kemiripan yang signifikan, Yuke tidak mengajukan tuntutan tetapi meminta klarifikasi. Yuke merespons kemiripan ini dengan tanggapan positif.

"Sama sekali tidak pernah terlintas mau mensomasi manajemen Katy Perty. Bahkan, saya pun baru tahu kalau berita itu sudah tersiar," imbuhnya.



2. Jab We Met - Aao Milo Chalo (OST. Film Woh Lahme) (India) dan Peterpan - Di Belakangku

Dari menit awal sampai akhir lagu India, Aao Milo Chalo memiliki kemiripan nada dengan lagu Di Belakangku. Meski Pada Peterpan dibawakan dalam formasi band, sementara Jab We Met membawakannya dalam formasi solo.



Lagu Di Belakangku dirilis pada 2004 sementara lagu Aao Milo Chalo baru dirilis pada 2007 dan digunakan dalam soundtrack film Woh Lahme.



3. Altimet - Chantek (Malaysia) dan Kahitna - Cantik

Lagu Cantik milik karya Yovie Widianto yang dipopulerkan Kahitna tampaknya sempat menjadi inspirasi negara tetangga. Pada bagian refrain lagu Cantik, nada yang dilantunkan sama persis dengan lagu Chantek yang dibawakan penyanyi asal Malaysia Ahmad Abdul Rahman atau dikenal lewat nama panggung Altimet yang dibawakan bersama Adeep Fabulous Cats pada 2008.



Dilansir dari media News Straits Time terbitan 24 Desember 2016, lagu Chantek bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Song of the Year dalam Vima Music Awards 2008. Lagu Cantik karya komposer Yovie Widianto pertama kali dilepas resmi pada 1996. Kemiripan lagu ini hanya tampak pada bagian refrain. Pada intro lagu Chantek, Altimet membawakannya lewat tempo musik hip hop.



4. Four Seasons - Zui Mei Li De Hu Yi (Taiwan) dan Samsons - Kenangan Terindah

Zui Mei Li De Hu Yi yang dijabarkan dalam aksara Mandarin, ?????? diterjemahkan sebagai Kenangan yang Paling Indah. Belum diketahui pasti kapan lagu ini resmi beredar pada 2008. Namun, lagu ini telah diperbincangkan kemiripannya dengan lagu Kenangan Terindah yang dipopulerkan band Samsons, ketika Bams masih menjadi vokalis pada 2005.



Mulai dari nada hingga lirik, kedua lagu ini memiliki kemiripan.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRIVIA MUSIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MUSIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 19-04-2018