Guntur Bumi Divonis 6 Bulan Penjara

Triyanisya - 10 September 2014 16:42 wib
Guntur Bumi alias UGB (Foto:Antara/Julius Wiyanto)
Guntur Bumi alias UGB (Foto:Antara/Julius Wiyanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susilo Wibowo atau yang dikenal dengan nama Ustaz Guntur Bumi (UGB) hari ini menjalani sidang vonis atas kasus penipuan berkedok pengobatan alternatif.

Pada sidang yang berlangsung selama satu jam itu, UGB dijatuhi hukuman enam bulan penjara. Vonis ini bertambah dari tuntutan yang hanya empat bulan penjara.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Susilo Wibowo, telah terbukti melakukan tindak pidana yang dilakukan secara berlanjut. Menjatuhkan pidana selama enam bulan dipotong masa tahanan," ujar hakim ketua Haswani di ruang sidang utama, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (10/9/2014).

UGB  diberi waktu untuk berkonsultasi dengan penasihat hukumnya selama tujuh hari apakah akan mengajukan banding atau tidak.

"Ya, saya pikir-pikir dulu," jawab UGB.

Kuasa hukum UGB, Afrian Bondjol mengatakan, masih berusaha membuat kliennya bebas dari hukuman penjara.

"Vonis hakim hari ini justru bertambah dari semula empat bulan, menjadi enam bulan. Tapi kami akan berusaha membebaskan klien kami. Karena tidak ada satu orangpun yang ingin dipenjara. Jangankan enam bulan, satu jam pun pasti tidak mau," tegas Afrian.

Walau lugas menyatakan tekad akan membuat suami Puput Melati itu tak perlu mendekam di bui, Afrian belum dapat memastikan akan mengajukan banding.

"Hasil vonis hari ini masih belum berkekuatan hukum tetap. Kami masih diberikan kesempatan untuk berpikir. Jadi masih ada proses selanjutnya, maka kami akan memikirkan apakah akan mengajukan banding atau tidak," katanya.

Untuk diketahui, UGB dibekuk polisi Senin, 5 Mei 2014 dengan tuduhan melakukan penipuan terhadap pasiennya. Hingga Maret 2014, setidaknya ada sembilan laporan yang diterima Polda Metro Jaya, yang semuanya berasal dari mantan pasien pengobatan UGB.

Di antara laporan itu, ada pasien yang mengaku tertipu karena tak kunjung sembuh setelah membayar paket pengobatan tertentu dan ada pasien yang menjalani pengobatan luka, tetapi mengalami pelecehan seksual saat pengobatan.

UGB dikenakan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Penipuan, Pasal 379 ayat a KUHP tentang Penipuan untuk Mata Pencaharian, serta Pasal 289 KUHP tentang Pencabulan.

Pada sidang 20 Agustus 2014, UGB dituntut empat bulan penjara.


(ROS)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SELEBRITAS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017