DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.052.810.215 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Tanggapi Mundurnya Tretan Muslim-Coki, Sogi Indra: Harus Lebih Sensitif Lagi

Purba Wirastama - 09 November 2018 16:03 wib
Sogi Indra Dhuaja (Foto: dok. MI)
Sogi Indra Dhuaja (Foto: dok. MI)

Jakarta: Sogi Indra Dhuaja, komedian yang dikenal lewat program televisi Extravaganza, ikut memberi tanggapan tentang mundurnya Tretan Muslim dan Coki Pardede dari dunia stand-up comedy dan grup Majelis Lucu Indonesia (MLI) karena video komentar kontroversial. Sogi berharap artis hiburan lebih berhati-hati dan sensitif ketika membuat pernyataan publik.

"Siapapun itu, mau artis hiburan atau mana pun, kalau bikin pernyataan, apalagi untuk umum, ya mungkin harus bisa lebih sensitif lagi, berhati-hati, dan bertanggung jawab baik ucapan maupun perilaku," kata Sogi kepada Medcom.id di kawasan Menteng, Kamis, 8 November 2018.

Sogi menyebut dia menghargai keputusan Tretan dan Coki untuk mundur atau tetap menjadi komedian, apalagi mereka sudah meminta maaf kepada publik. Baginya, kasus semacam ini juga menjadi pengingat bagi dirinya sendiri.

"Bahwa perilaku dan ucapan, apalagi dari publik figur, diperhatikan orang. Jadi, ya kalau bisa, bertanggung jawab dengan apa yang diucapkan dan dilakukan," ungkapnya.

Tretan dan Coki membuat video memasak "babi saus kurma" bertajuk Last Hope Kitchen yang diunggah di YouTube pada pertengahan Oktober lalu. Tretan memasak untuk Coki, masakan daging babi yang dia sebut "haram", tetapi dengan tambahan saus kurma dan madu yang mewakili "unsur-unsur Arab" dan "barokah".

Karena konten dan komentar mereka dalam video, yang kini telah dihapus, sebagian orang bereaksi keras. Tretan dan Coki mengalami persekusi, bahkan sampai merembet ke anggota keluarga dan rekan kerja. Sempat muncul tagar dukungan #GolonganKami di media sosial, yang pada intinya menyesalkan repotnya melawak dengan topik agama dalam era seperti sekarang.

Namun bagi Sogi, video komedi Tretan dan Coki tidak berhasil membuatnya tertawa. Sogi justru kaget.

"Kalau gue pribadi, melihat videonya, enggak ketawa sih, lebih ke kaget, 'Waduh, berani banget ngomong kayak gitu,'" pungkasnya.


 


(ELG)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SELEBRITAS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 19-11-2018