Pensiunan Jenderal Sebut Militer AS Bisa Kalah Lawan Korut

Sonya Michaella - 14 November 2017 16:49 wib
Pemimpin Korut, Kim Jong-un beserta pasukannya. (Foto: AFP)
Pemimpin Korut, Kim Jong-un beserta pasukannya. (Foto: AFP)

Washington: Seorang pensiunan militer Amerika Serikat (AS) menyatakan AS akan kalah jika perang benar-benar pecah antara Negara Adidaya tersebut dan Korea Utara (Korut).

Letnan Jenderal Jan-Marc Jouas, pensiunan yang pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Tertinggi militer AS di Korea ini mengungkapkan bahwa pasukan Amerika sudah kalah jumlah dari pasukan Korut.

"Korut mungkin punya kekuatan hingga 1,2 juta pasukan yang siap tempur. Jumlah ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan pasukan siap tempur AS yang ada di perbatasan Korea Selatan, hanya 28 ribu," ucap Jouas, dikutip dari Independent, Selasa 14 November 2017.

"Dengan jumlah besar, pasukan Korut bisa saja tiba-tiba menyerang pasukan AS di Semenanjung Korea," katanya.

Ia pun mengimbau pasukan AS di Korsel untuk selalu siap siaga yang ia sampaikan melalui sebuah surat kepada Anggota DPR AS Ted Lieu, Ruben Gellego serta Senator Tammy Duckworth.

Tiga anggota DPR AS ini sempat khawatir akan retorika berlebihan Trump atas kekuatan Pyongyang. Mereka juga sempat menyampaikan kekhawatirannya di mana Washington memiliki risiko yang besar jika menghadapi rezim Kim Jong-un.

Di dalam surat tersebut, Jouas mengatakan jumlah pasukan siap tempur AS bahkan masih sedikit jika digabungkan dengan pasukan Korsel. 

Jouas menambahkan, jika perang antara AS-Korut benar-benar terjadi, akan ada eksodus pengungsi yang sangat besar.


(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG NUKLIR KOREA UTARA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA AMERIKA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-11-2017