DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Usai Dipecat Trump, Tillerson Peringatkan AS soal Rusia

Marcheilla Ariesta - 14 Maret 2018 09:25 wib
Tillerson peringatkan AS soal intervensi Rusia. (Foto; CNBC).
Tillerson peringatkan AS soal intervensi Rusia. (Foto; CNBC).

Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson memperingatkan mengenai perilaku dan tindakan mengganggu Rusia. Pernyataan ini diungkapkan usai dia dipecat Presiden Donald Trump.

Dalam pernyataannya, dia tidak memuji kebijakan Trump atau bahkan mengucapkan terima kasih.

Dia menuturkan telah melakukan berbagai pekerjaan baik selama menjadi Menlu AS. Dia mengungkit mengenai hubungan yang lebih baik dengan Tiongkok dan rencana proses denuklirisasi dengan Korea Utara (Korut).

"Banyak pekerjaan baik yang telah dilakukan, namun saya tetap akan merespons perilaku dan tindakan yang mengganggu dari pihak pemerintah Rusia," ucapnya, seperti dilansir dari laman BBC, Rabu 14 Maret 2018.

"Rusia harus menilai dengan seksama apakah tindakan mereka untuk kepentingan terbaik orang-orang Rusia dan dunia secara luas. Jika mereka melanjutkan cara mereka saat ini, hanya akan menyebabkan isolasi bagi pihak mereka. Situasi ini tidak diinginkan siapa pun," imbuhnya.

Dengan terengah-engah dan tampak terguncang, Tillerson mengatakan dirinya telah berbicara kepada Trump untuk memastikan kejayaan AS di masa depan.

Tillerson akan meninggalkan jabatannya secara resmi pada 31 Maret mendatang. Namun, wakilnya John Sullivan akan mengambil alih jabatannya sementara sampai menunggu pengesahan mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo menggantikan Tillerson.

"Yang paling penting adalah memastikan transisi yang tertib dan lancar, sehingga negara bisa terus menghadapi tantangan kebijakan dan keamanan nasional yang signifikan," tukasnya.

Tillerson dipecat Trump dan digantikan dengan Mike Pompeo. Pengumuman pemecatannya dilakukan lewat akun Twitter sang presiden. Trump mengatakan pemikiran yang tak sejalan menjadi alasan dia memecat Tillerson.


(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG POLITIK AS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA AMERIKA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 26-09-2018