Peringatan Dini Rudal Balistik Hebohkan Hawaii

Faisal Abdalla - 14 Januari 2018 08:53 wib
Korut kembali tembakkan misil balistik antarbenua yang kedua kalinya. (Foto: KCNA)
Korut kembali tembakkan misil balistik antarbenua yang kedua kalinya. (Foto: KCNA)

Honolulu: Sebuah pesan peringatan darurat menghebohkan warga negara bagian Hawaii, Amerika Serikat (AS). Pesan itu berisi peringatan rudal balistik yang mengarah ke Hawaii. 

Pesan diterima warga Hawaii melalui ponsel pada pukul 08.07, Sabtu, 13 Januari 2018 waktu setempat. Pesan tertulis seluruhnya dalam huruf kapital.

"Peringatan darurat. Ancaman rudal balistik mengarah ke Hawaii. Cari tempat perlindungan secepatnya. Ini bukan latihan," bunyi pesan tersebut seperti dilansir dari bbc.com, Minggu 14 Januari 2018. 

Pesan darurat tersebut seketika membuat warga Hawaii panik. Seorang anggota dewan Hawaii, Matt Lopresti mengatakan ia dan keluarganya sampai bersembunyi di dalam kamar mandi usai menerima pesan tersebut.

"Kami amankan anak-anak, membawa suplai makanan darurat, dan mengamankan diri di tempat paling terpencil di rumah kami, yaitu kamar mandi," ujar Matt kepada media setempat. 

Militer AS mengkonfrimasi tak ada ancaman rudal balistik mendekati Hawaii. Gubernur Hawaii, David Ige mengatakan pesan darurat tersebut tersebar lantaran seorang pegawai telah menekan tombol yang salah. Ia memohon maaf kepada masyarakat Hawaii

"Ketika pergantian shift kerja, seorang pekerja yang bertugas memastikan semua sistem bekerja dengan baik telah menekan tombol yang salah," ujar David. 

Meski begitu, pemerintah AS berjanji akan melakukan investigasi lebih mendalam terkait peristiwa ini. 

Program Rudal balistik Korea Utara terus mengancam Amerika Serikat. Hawaii adalah negara bagian AS yang paling dekat dengan Pyongyang. 

September lalu, Pyongnyang meluncurkan uji coba nuklirnya yang ke enam. Menurut laporan Star-Advertiser, rudal itu mampu mencapai Hawaii dalam 20 menit. 


(SCI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG RUDAL KORUT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA AMERIKA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-04-2018