Lima Negara Kompak Kenalkan ASEAN di Meksiko

- 13 September 2017 21:06 wib
Acara Semana de la Amistad con Países de ASEAN (Minggu Persahabatan ASEAN) diselenggarakan dengan kerja sama Camara de Diputados (DPR) Meksiko. (Foto:KBRI Mexico City)
Acara Semana de la Amistad con Países de ASEAN (Minggu Persahabatan ASEAN) diselenggarakan dengan kerja sama Camara de Diputados (DPR) Meksiko. (Foto:KBRI Mexico City)

Metrotvnews.com, Mexico City: Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia dan Vietnam bersama-sama menyelenggarakan Semana de la Amistad con Países de ASEAN (Minggu Persahabatan ASEAN). Kekompakan kelima Kedutaan Besar anggota ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) dalam penyelenggaraan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 12 hingga 14 September 2017 ini merupakan upaya solid bersama dan berkesinambungan untuk terus memperluas pengenalan ASEAN di Meksiko.
 
Dengan bekerja sama dengan Camara de Diputados (DPR) Meksiko, ACMC menyelenggarakan kegiatan Minggu Persahabatan ASEAN di lingkungan gedung DPR Meksiko. Kegiatan yang juga ditujukan untuk memperingati 50 Tahun ASEAN ini dibuka oleh Presiden Komisi Hubungan Luar Negeri DPR  Meksiko, Víctor Giorgana, dan Duta Besar Malaysia, Mohammad Azhar Mazlan, selaku Ketua ACMC periode Juli - Desember 2017.

Seperti ditulis dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Indonesia di Meksiko yang diterima Metrotvnews.com pada Rabu, 13 September 2017, acara pembukaan dihadiri oleh anggota ACMC lainnya, yaitu: Duta Besar Eduardo Jose A. de Vega (Filipina), Duta Besar Rommanee Kananurak (Thailand), Duta Besar Le Linh Lan (Viet Nam), dan Duta Besar Yusra Khan (Indonesia). 
 
Hadir pula beberapa Anggota DPR Meksiko antara lain Teresa de Jesus Lizarraga Figueroa, Ketua Kelompok Persahabatan Kelompok Persahabatan Antar Parlemen (Grupo de Amistad) Meksiko-Indonesia periode legislatif ke-63 (2016-2019), Federico Quinto Guillen dan Javier Vega Camargo. Sekitar 200 hadirin dari berbagai kalangan juga memadati Auditorio Aurora Jiménez, tempat pembukaan.
 
Pada pidato pembukaannya, Víctor Giorgana menyampaikan bahwa kegiatan Minggu Persahabatan ASEAN ini akan semakin membuka mata parlemen dan masyarakat Meksiko akan pentingnya potensi ekonomi dan politik ASEAN, serta akan keragaman budaya ASEAN. Hal senada juga disampaikan Duta Besar Mazlan. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu media efektif bagi ASEAN untuk berinteraksi dengan masyarakat Meksiko. Kegiatan ini juga adalah momentum penting untuk meningkatkan intensitas kerja sama antara ASEAN dengan Meksiko.  Mewakili ACMC, Duta Besar Mohammad Azhar Mazlan juga menyampaikan apresiasinya terhadap DPR Meksiko atas penyelenggaraan Minggu Persahabatan ASEAN, serta sampaikan keprihatinan ACMC atas bencana gempa yang baru-baru saja menimpa Meksiko.
 
Acara pembukaan Minggu ASEAN dimeriahkan dengan pementasan budaya yang menampilkan tarian tradisional dari Filipina, Indonesia, dan Viet Nam. Keapikan seni bela diri Muay Thai dan keragaman pakaian adat Malaysia juga disuguhkan saat pembukaan. Kelima negara anggota ACMC juga menyuguhkan aneka makanan khas seperti putu ayu, lemper, cucur bawang, dan pancit. 
 
Diselenggarakan pula pameran foto keindahan wisata dan keragaman budaya selama Minggu Persahabatan ASEAN. Pada kesempatan pembukaan pameran foto, Duta Besar Yusra Khan menyampaikan kekompakan warga ASEAN dalam rangka memperingati 50 Tahun ASEAN ini menunjukkan kuatnya komitmen bersama dalam memperluas pemahaman dunia internasional, termasuk Meksiko, untuk bekerja sama dengan ASEAN sebagai suatu komunitas yang terintegrasi dan solid. “Meksiko bukan lagi sekedar sahabat biasa bagi ASEAN, akan tetapi mitra potensial yang dapat menjadi mitra ekonomi utama bagi ASEAN di kawasan Amerika Latin pada masa mendatang”, imbuh Duta Besar Yusra Khan.
 
Untuk pertama kalinya, sebagai rangkaian kegiatan Minggu Persahabatan ASEAN diselenggarakan Seminar ASEAN dengan menghadirkan para Duta Besar sebagai nara sumber. Sebagai upaya pengenalan ASEAN, kelima Duta Besar menyampaikan paparan mengenai tiga pilar kerja sama ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN, konektivitas ASEAN, peran sentral ASEAN dan kemitraan ASEAN di kancah internasional, dan visi dan misi ASEAN di bawah kepemimpinan Filipina selaku Ketua ASEAN tahun 2017. 
 
Secara khusus, Duta Besar Yusra Khan menyampaikan perkembangan terkini konektivitas ASEAN, kemajuan yang telah dicapai, dan pentingnya konektivitas ASEAN baik bagi kawasan maupun potensinya bagi Meksiko. Selain itu, perhatian khusus diberikan terhadap Roll-On/Roll-Off (RoRo) antara Davao City dan Bitung yang berhasil mempersingkat waktu tempuh dari lima minggu menjadi 2 hari saja. Duta Besar Yusra Khan sampaikan “ASEAN RoRo system dan inovasi digital merupakan salah satu elemen konektivitas ASEAN yang berpotensi mendorong kerja sama dengan negara-negara di kawasan lain, termasuk Meksiko.”  
 
Konferensi ini disambut antusias oleh sekitar 100 peserta, yang mayoritas adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional dari berbagai universitas di ibukota Meksiko. Allan Hirahir Vargas Ruiz, salah seorang mahasiswa yang hadir sampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan semacam ini telah menjadi jembatan penghubung antara mahasiswa dengan perwakilan negara ASEAN di Meksiko sehingga mahasiswa dapat berkesempatan menggali lebih dalam mengenai ASEAN dan tantangan kerja sama ASEAN ke depan dengan Meksiko. 
 
Kegiatan pengenalan masing-masing anggota ACMC juga dilakukan selama tiga hari. Selain melakukan pameran foto, masing-masing negara melakukan berbagai kegiatan berupa workshop dan seminar. Sebagai rangkaian kegiatan Minggu ASEAN, Kedutaan Besar Filipina menyelenggarakan workshop seni bela diri, sementara Kedutaan Besar Thailand dan Kedutaan Besar Viet Nam menyelenggarakan demo masak makanan khas dari masing-masing negara. Kedutaan Besar Malaysia mengadakan Seminar tentang perkembangan terkini di Malaysia. Sementara itu, untuk lebih memperkenalkan Indonesia, pada tanggal 13 September 2017, Kedutaan Besar Republik Indonesia memberikan seminar mengenai ‘Indonesia dan Keeratan Hubungan Indonesia dengan Meksiko’ kepada kalangan kantor DPR dan akademisi Meksiko. 



(WAH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ASEAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA AMERIKA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-11-2017