Dokter Gedung Putih Nyatakan Trump Luar Biasa Sehat

Willy Haryono - 13 Januari 2018 18:14 wib
Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan dokter Gedung Putih Ronny Jackson di Bethesda, Maryland, 12 Januari 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan dokter Gedung Putih Ronny Jackson di Bethesda, Maryland, 12 Januari 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Washington: Seorang dokter di Gedung Putih menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump "luar biasa sehat" setelah pemeriksaan kesehatan secara umum pada Jumat 12 Januari 2018. 

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di tengah kekhawatiran sejumlah pihak mempertanyakan kondisi mental Trump sebagai seorang presiden. 

Trump menghabiskan sekitar tiga jam bersama sejumlah dokter militer di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland. Dokter Gedung Putih Ronny Jackson mengatakan pemeriksaan itu "berjalan luar biasa baik."

"Presiden berada dalam kondisi kesehatan yang luar biasa, dan saya akan memaparkan beberapa detailnya pada Selasa mendatang," tutur Jackson, seperti dikutip AFP

Kesehatan mental Trump sempat dipertanyakan dalam beberapa pekan terakhir, terutama setelah dirinya beradu kata-kata dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengenai tombol nuklir. 

Baca: Trump pada Jong-un: Tombol Nuklir Saya Lebih Kuat

Sejumlah pihak menilai pernyataan Trump yang mengaku memiliki "tombol nuklir yang lebih besar" dari Kim terkesan seperti ucapan anak-anak. 

Gedung Putih nantinya akan menentukan data pemeriksaan kesehatan apa saja yang akan dirilis ke publik. 

Dalam sejarah AS, belum pernah ada presiden yang diperiksa kesehatan mentalnya -- termasuk Ronald Reagan yang didiagnosis mengalami Alzheimer lima tahun setelah meninggalkan Gedung Putih.

Sebelumnya Gedung Putih menegaskan pemeriksaan kesehatan Trump tidak meliputi cek kejiwaan. Data yang biasanya dirilis hanya bersifat umum seperti berat badan, tekanan darat dan level kolesterol.

 


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DONALD TRUMP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA AMERIKA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 25-04-2018