Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.606.841.593 (13 JULI 2018)

Menlu Tiongkok Kunjungi Jepang untuk Diskusikan Korut

Willy Haryono - 15 April 2018 16:53 wib
Menlu Tiongkok Wang Yi (kiri) bersama Menlu Jepang Taro Kono di Tokyo, 15 April 2018. (Foto: AFP/BEHROUZ MEHRI)
Menlu Tiongkok Wang Yi (kiri) bersama Menlu Jepang Taro Kono di Tokyo, 15 April 2018. (Foto: AFP/BEHROUZ MEHRI)

Tokyo: Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi berkunjung ke Tokyo, Minggu 15 April 2018, dalam sebuah pertanda semakin membaiknya hubungan kedua negara. Kunjungan juga dilakukan di tengah rentetan peristiwa diplomatik yang melibatkan Korea Utara. 

Setelah tiba di Jepang, Wang langsung bertemu Menlu Taro Kono untuk membicarakan beberapa isu utama. Isu tersebut seperti masalah nuklir Korea Utara, sengketa wilayah di Laut China Timur dan hubungan bilateral di sektor ekonomi. 

Kono pernah bertemu Wang di Tiongkok pada Januari lalu. Ketika itu, Kono menjadi menlu pertama dari Jepang yang mengunjungi Tiongkok sejak dua tahun terakhir.

"Saya berharap dapat mendiskusikan mengenai apa yang Jepang dan Tiongkok bisa lakukan bersama di arena internasional. Jadi, bukan hanya isu bilateral," tutur Kono kepada awak media pada Jumat lalu.

"Tentu saja, isu Korut akan muncul dalam pertemuan," lanjut dia, seperti dikutip AFP.

Kunjungan Wang, tokoh veteran yang pernah menjadi duta besar di Tokyo, dilakukan saat negara dengan perekonomian kedua dan ketiga terbesar di dunia mencoba menurunkan ketegangan antar keduanya.

Jepang dan Tiongkok bersitegang atas berbagai sengketa maritim dan juga sejarah kelam era Perang Dunia II. 

Kedatangan Wang juga dipandang sebagai pembuka jalan rencana kunjungan PM Tiongkok Li Keqiang ke Jepang bulan lalu, dalam pertemuan trilateral dengan PM Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Pertemuan semacam itu diharapkan Tokyo dapat berujung pada pertukaran kunjungan antara PM Abe dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG POLITIK JEPANG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 16-07-2018