DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.000.625.454 (13 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kunjungi Pertanian Kentang, Kim Jong-un Abaikan Menlu AS

Arpan Rahman - 11 Juli 2018 13:39 wib
Kim Jong-un mendatangi sebuah pertanian kentang dan mengabaikan Menlu AS Mike Pompeo (Foto: AFP).
Kim Jong-un mendatangi sebuah pertanian kentang dan mengabaikan Menlu AS Mike Pompeo (Foto: AFP).

Samjiyon: Kim Jong-Un mengabaikan Menteri Luar Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo selama kunjungannya untuk menyetujui rincian denuklirisasi.
 
Menlu Pompeo mengunjungi Pyongyang pada Jumat dan Sabtu pekan lalu dalam upaya menyepakati rincian kesepakatan yang dibuat selama pertemuan bersejarah Juni antara Donald Trump dan diktator Korea Utara ini.
 
Namun Kim tidak terlihat di depan umum selama tujuh hari, dengan setiap langkah resmi biasanya didokumentasikan oleh kantor berita KCNA.
 
Selama perjalanan Pompeo, hubungan antara AS dan Korut menjadi lebih mendalam tatkala Pyongyang menuduh AS memiliki "pola pikir seperti gangster" selama negosiasi tingkat tinggi.
 
Diplomat Amerika ini menggambarkan pembicaraan itu sebagai 'produktif', tetapi tidak bertemu dengan Kim.
 
Setelah kekosongan berita selama sepekan, pada Selasa KCNA merilis empat laporan tentang perjalanan pemimpinnya ke desa Samjiyon di perbatasan Tiongkok.
 
Dilansir Sky News, Rabu 11 Juli 2018, Kim digambarkan berlutut di tanah di pertanian kentang Junghung di mana dia dikatakan sudah memberitahu stafnya supaya menanam varietas untung besar.
 
Sang pemimpin juga menginstruksikan mereka untuk "memperkenalkan berbagai spesies yang baik agar dicicipi dan menjamin kualitas makanan kentang olahan dalam produksi dan dengan demikian meningkatkan kualitas produksi kentang".
 
Dia terlihat memeriksa bubuk kentang di sebuah pabrik, serta memeriksa lokasi konstruksi di daerah terpencil.
 
Daerah ini adalah lokasi dekat Gunung Paektu, hunian spiritual orang-orang Korea di mana ayah Kim, Kim Jong-Il, dikatakan telah lahir.
 
Gedung Putih sebelumnya mengatakan bahwa Pompeo akan bertemu dengan Kim, tetapi dia tidak muncul dan Pompeo hanya bertemu dengan Kim Yong-Chol, tangan kanan pemimpin Korut.
 
Meskipun KCNA tidak mengatakan kapan perjalanan itu dilakukan, Kim Yong-Chol mengatakan kepada seorang pejabat Seoul yang berkunjung pekan lalu bahwa pemimpinnya pergi untuk melakukan perjalanan ke "wilayah lokal".
 
Terlepas dari kecerobohan dan hubungan yang memburuk dengan Korut, Donald Trump mencuit pada Senin bahwa ia memiliki "keyakinan" Kim akan menghormati 'kontrak' denuklirisasi yang mereka tanda tangani di KTT Singapura.
 
Dia juga menuduh Tiongkok, satu-satunya mitra Korut, namun berkuasa, yang bersekutu, berupaya merusak kesepakatan itu.
 


(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AMERIKA SERIKAT-KOREA UTARA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 13-11-2018