Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Kemlu Harap Kerja Sama dengan Diaspora Tingkatkan Perlindungan WNI

Sonya Michaella - 21 Agustus 2017 18:10 wib
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal (Foto:MTVN/Sonya)
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal (Foto:MTVN/Sonya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI berharap kerja sama pemerintah dengan Diaspora Indonesia dapat lebih meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, Diaspora bisa menjadi jembatan antara pemerintah dan juga seluruh WNI di luar negeri.

"Kerja sama itu sudah ada sebelumnya. Seperti misalnya penyelamatan WNI di Filipina Selatan, itu juga berkat bantuan Ketua Diaspora Filipina Selatan. Begitu juga yang terjadi di Suriah, berkat diaspora," kata Iqbal ketika ditemui usai acara Kongres Diaspora Indonesia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin 21 Agustus 2017.

"Jika memang Diaspora mau berkontribusi lebih lagi, tentu kami sebagai pemerintah mau memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan perlindungan yang lebih baik lagi bagi WNI," lanjut dia.

Iqbal pun menawarkan opsi-opsi yang dapat meningkatkan kerja sama antar pemerintah dan Diaspora. Salah satunya bergabung menjadi satu dalam sebuah grup percakapan online, misalnya melalui aplikasi WhatsApp.

"Kalau lewat grup WhatsApp kan bisa lebih memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Diaspora bisa memberi masukan dan informasi, meski memang ada perwakilan kami di luar negeri, alangkah baiknya jika mendapat informasi tambahan," ujar dia.

Menurut penuturan Iqbal, satgas-satgas perlindungan pun sudah dibentuk di beberapa lokasi yang cukup jauh dari KBRI atau KJRI. Di sinilah peran diaspora diperlukan.

"Di lokasi-lokasi yang jauh dari perwakilan kita itu dibutuhkan peran diaspora, yang bisa fast response jika terjadi sesuatu menimpa WNI," tukasnya lagi.

 


(WAH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIASPORA INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018