DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Wapres AS Lewatkan Makan Malam Olimpiade Korsel

Fajar Nugraha - 09 Februari 2018 18:01 wib
Wapres AS Mike Pence bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in, 8 Februari 2018 (Foto: AFP).
Wapres AS Mike Pence bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in, 8 Februari 2018 (Foto: AFP).

Seoul: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence dikabarkan melewatkan makan malam pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Korea Selatan (Korsel). 
 
Makan malam pada Jumat 9 Februari 2018 tersebut, Pence dijadwalkan akan berbagi meja bersama tuan rumah Presiden Korsel Moon Jae-in dan Kepala Negara Korea Utara (Korut) Kim Yong-nam.
 
(Baca: Korut Tak Akan Temui Delegasi AS di Pyeongchang).
 
Berdasarkan keterangan AFP, pihak pejabat Istana Kepresidenan Korsel memastikan bahwa Mike Pence tidak akan menghadiri makan malam itu. 
 
Televisi Korsel sebelumnya memperlihatkan pengaturan duduk dari wakil dari negara yang diundang dalam pembukaan ini. Pence diperlihatkan lokasi duduknya berhadapan dengan Kim Yong-nam.
 
Namun Juru Bicara Istana Kepresidenan Korsel mengatakan bahwa Pence hadir telat dalam makam malam itu. "Dia (Pence) sempat menyapa para undangan dan pergi tanpa duduk di kursinya," ujar juru bicara tersebut.
 
Meskipun datang dalam rangkaian pembukaan ini, pihak Korut memastikan bahwa Pence tidak akan melakukan pertemuan dengan mereka. 
 
"Kami tidak pernah meminta dialog dengan AS baik di Olimpiade ataupun di masa mendatang," kata Direktur Jenderal Hubungan Internasional Kementerian Luar Negeri Korea utara (Korut) Jo Yong-sam, seperti dikutip dari KCNA, Jumat 9 Februari 2018.
 
"Secara eksplisit, kami tidak berniat bertemu dengan tim AS selama berada di Korea Selatan. Kunjungan delegasi kami ke Korea Selatan hanya untuk ambil bagian dalam Olimpiade dan menyambut keberhasilannya," imbuh dia.
 
Tetapi simbol positif diperlihatkan oleh Korsel dan Korut. Presiden Korsel Moon Jae-in dan Kim Yong-bam bertemu dan berjabat tangan dalam sebuah resepsi di Pyeongchang.
 
(Baca: Jabat Tangan Bersejarah Pemimpin Korsel dan Korut).
 
Moon yang ditemani istrinya, tampak tersenyum bersama Kim. Keduanya pun berjabat tangan dengan erat pada Jumat 9 Februari 2018.
 
Namun dalam resepsi ini, tidak tampak adik perempuan dari pemimpin Korut Kim Jong-un yakni, Kim Yo-jong. Yo-jong diketahui termasuk dalam delegasi Korut yang hadir dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeonchang.



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AMERIKA SERIKAT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018