5 Kota Asia Terbaik Bagi Pelajar

Arpan Rahman - 17 Februari 2017 19:09 wib
Singapura merupakan salah satu kota Asia terbaik untuk pelajar (Foto:AFP)
Singapura merupakan salah satu kota Asia terbaik untuk pelajar (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Singapura: Seoul, Tokyo, Hong Kong, Singapura, dan Kyoto-Osaka-Kobe menjadi lima kota di Asia yang paling baik untuk mahasiswa, menurut Indeks Kota Pelajar Terbaik QS 2017.

Peringkat tahunan ini menampilkan destinasi perkotaan terbaik bagi pelajar internasional, berdasarkan lima ragam, tetapi kelimanya indikator berbobot setara: peringkat universitas, keterjangkauan, perbauran mahasiswa, keinginan, dan aktivitas kerja. Tahun ini, indikator keenam, yaitu "pandangan mahasiswa", menampilkan pendapat mahasiswa perkotaan, diperkenalkan dalam metodologi indeks.

Kota Montreal di Kanada muncul teratas di indeks tahun ini, mengalahkan kota favorit bagi mahasiswa selama empat tahun terakhir, Paris. Kota-kota di Eropa dan Amerika Utara, favorit tradisional sebagai negara tujuan mahasiswa, melanjutkan dominasi mereka di peringkat tinggi.

Tapi negara-negara Asia yang cepat mengukuhkan tempat mereka di peringkat bagus, terdiri lima kota Asia di atas urutan 20: Seoul (nomor 4), Tokyo (7), Hong Kong (11), Singapura (14), dan Kyoto-Osaka-Kobe (17).

Sementara itu, kota peringkat tertinggi yang mewakili dua raksasa Asia, Tiongkok dan India, yaitu Shanghai hanya di peringkat 25 dan Mumbai di nomor 85.

Seoul melonjak enam tingkat ke peringkat keempat secara global tahun ini, mengalahkan Tokyo, yang merupakan kota Asia teratas tahun lalu.

Kemunculan negara itu sebagai tujuan studi teratas di Asia karena penempatannya yang luar biasa dalam Aktivitas Kerja dan penilaian Peringkat Universitas, yang masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga.

Menurut QS, beberapa universitas di Seoul menikmati reputasi yang kuat di antara keduanya, baik pekerjaan domestik dan internasional serta memiliki banyak sekali di QS World University Rankings 2016-2017, tidak kurang dari 18 universitas. Seoul National University, misalnya, menjadi peringkat ke-35 di dunia.

Demikian pula, empat kota Asia lainnya mencetak rekor tinggi dalam kategori Aktivitas Kerja dengan menempatkan diri dalam 20 besar kota global di aspek ini, dan dalam kategori Rangking Universitas, rata-rata hampir sepuluh universitas di QS World University Rankings 2016-2017 per kota.

Namun, dari peringkat yang menarik juga muncul biaya tinggi bagi mahasiswa yang belajar di kota-kota ini. Kelima kota Asia teratas tercatat kurang menguntungkan dalam kategori Keterjangkauan. Hong Kong, yang paling terjangkau di antara kelimanya, di urutan 55 dan Singapura sebagai yang paling terjangkau di nomor 90 secara global.

Mengacu sebagai gerbang keuangan, Hong Kong, laporan QS mengomentari bahwa dalam hal keterjangkauan, gambarannya agak rumit.

"Dengan tarif ruang yang premium, sewa rumah terlalu mahal di Hong Kong, tapi biaya hidup umumnya seperti makan dan transportasi tetap rendah," kata laporan QS seperti dikutip situs Study International, Jumat 17 Februari 2017.
 
"Biaya pendidikan internasional rata-rata jauh lebih rendah daripada belajar di Amerika Serikat, misalnya, tetapi lebih tinggi ketimbang biaya yang dikenakan di negara-negara Eropa Barat seperti Prancis atau Jerman," bunyi laporan itu lebih lanjut.

Sedangkan untuk Singapura, laporan QS menyatakan, "Singapura berada di peringkat ke-4 yang paling mahal dari 209 kota dalam Survei Biaya Hidup oleh Mercer 2016. Biaya kuliah juga telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk mahasiswa internasional," bubuhnya.

Selain Singapura, dari Asia Tenggara hanya tiga kota yang terwakili, KualaLumpur pada urutan 41, Bangkok di peringkat 58, dan Manila menduduki posisi ke-89.


(WAH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENDIDIKAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 29-05-2017