Kepolisian Hong Kong Selidiki Kecelakaan Maut Bus Tingkat

Arpan Rahman - 11 Februari 2018 16:16 wib
Sebagian besar korban duduk di lantai dua bus. (Foto: AFP/ISAAC LAWRENCE)
Sebagian besar korban duduk di lantai dua bus. (Foto: AFP/ISAAC LAWRENCE)

Hong Kong: Kepolisian Hong menyelidiki kecelakaan bus dua tingkat yang telah menewaskan 19 orang dan melukai puluhan lainnya. Sopir bus telah ditahan karena diduga mengemudi secara ugal-ugalan.

Bus dua tingkat itu terguling pada Sabtu malam di dekat kota Tai Po di New Territories Area. Bus juga menghancurkan sebuah tiang lampu jalan. Sembilan belas orang terbunuh dan 65 orang terluka, beberapa dari mereka kritis.

"Sopir bus yang berusia 30 tahun telah ditahan karena mengemudi secara berbahaya yang menyebabkan kematian dan luka. Dia masih ditahan demi pemeriksaan lebih lanjut," kata kepolisian Hong Kong dalam sebuah pernyataan resmi, seperti disitir AFP, Minggu 11 Februari 2018.

Sebagian besar korban terluka dan beberapa yang tewas duduk di lantai dua bus. Sopir diduga mengemudikan bus di atas batas kecepatan saat menuruni lereng.

Perusahaan bus Kowloon Motor mengatakan akan membayar kompensasi kepada keluarga korban.

Baca: Kecelakaan Bus Tingkat di Hong Kong Tewaskan 19 Orang

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam, yang mengunjungi korban selamat di Rumah Sakit Prince of Wales pada Sabtu malam, menyatakan rasa "duka mendalam" dan berjanji akan ada penyelidikan secara independen.

Hong Kong membanggakan sistem transportasi umum mereka sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Namun kecelakaan fatal terkadang masih terjadi.

Salah satu kecelakaan lalu lintas terparah di Hong Kong terjadi pada 2003. Ketika itu, bus tingkat bertabrakan dengan truk dan jatuh dari jembatan. Kecelakaan itu menewaskan 21 orang. 

Pada 2008, 18 orang tewas dalam kecelakaan bus lainnya di Hong Kong.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KECELAKAAN BUS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 24-02-2018