Turki Kirim Tim Penanggulangan Bencana ke Irak dan Iran

Willy Haryono - 14 November 2017 23:05 wib
Gempa menghancurkan bangunan di kota Sar-e-Pol-e-Zahab di wilayah barat Iran. (Foto:AFP)
Gempa menghancurkan bangunan di kota Sar-e-Pol-e-Zahab di wilayah barat Iran. (Foto:AFP)

Ankara: Beberapa wilayah di Iran dan Irak luluhlantak, usai gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter melanda Senin 13 November 2017. Turki pun bergegas untuk memberikan bantuan.

“Turki negara pertama yang pergi dan memberikan bantuan ke sana," kata Wakil Presiden Badan Penanggulangan Bencana Turki (Afad) Hamza Tasdelen, saat ditemui wartawan dari Indonesia di Ankara, Selasa 14 November 2017.

Tasdelen menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavosoglu memberi tahu kepada Irak dan  Iran bahwa pihaknya siap untuk membantu mereka.

Selain itu Tasdelen menambahkan bahwa pihaknya sudah mengirim pesawat kargo ke lokasi gempa. Puluhan ribu kebutuhan dasar sudah dikirim ke sana. 

"Kami langsung membantu walau Irak dan Iran belum meminta bantuan kepada kami," ujar Tasdelen.

“Tim kami bantu secara maksimal. Di utara Irak banyak korban, tetapi di wilayah pinggiran banyak sekali korban,” jelasnya.

“95 personel Afad dikirim, termasuk presidennya, ke Irak,” pungkas Tasdelen.

Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) meluluhlantakkan perbatasan Iran-Irak. Membantu para korban dan pengungsi, Turki telah mengirimkan tim medis dari Kementerian Kesehatan yang akan tiba di Provinsi Sulaymaniyah, hari ini.

Sementara korban tewas gempa Iran-Irak kini telah mencapai 450 orang. Selain itu, 7.000 orang lainnya juga dilaporkan terluka.




(WAH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GEMPA BUMI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-11-2017