DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Indonesia Minta Tiongkok Terus Dukung Perjuangan Palestina

Fajar Nugraha - 10 Februari 2018 12:40 wib
Menlu Retno Marsudi bersama dengan Menlu Tiongkok Wang Yi (Foto: Kemenlu RI).
Menlu Retno Marsudi bersama dengan Menlu Tiongkok Wang Yi (Foto: Kemenlu RI).

Beijing: Menteri Luar Negeri Republik Indonesa Retno L.P Marsudi meminta Tiongkok untuk tetap memberikan dukungan atas perjuangan dari bangsa Palestina.
 
Hal ini disampaikan oleh Menlu Retno saat melakukan pertemuan dengan Menlu Tiongkok Wang Yi, di Beijing pada Jumat 9 Februari 2019.
 
"Indonesia juga menyinggung isu Palestina dan meminta agar Tiongkok memberikan dukungan terus bagi perjuangan bangsa Palestina," ujar Menlu Retno, dalam rekaman video Kementerian Luar Negeri RI, yang diterima Medcom.id, Sabtu 10 Februari 2018.
 
"Hal ini  termasuk dukungan kepada para pengungsi Palestina melalui UNRWA," jelas menlu.
 
(Baca: Menlu RI Dorong Penyelesaian COC Laut China Selatan).
 
Tetapi bukan hanya isu Palestina saja yang dibahas dalam pertemuan ini. Menlu pun menjelaskan mengenai pemikirin tentang penguatan Indo-Pasifik.
 
Menurut Menlu, bagi indonesia setiap diskusi mengenai arsitektur kawasan harus memiliki prinsip terbuka, transparan, inkusif, mempromosikan kebiasaan berdialog dan membangun kepercayaan diri. Selain itu ide ini juga mengedepankan semangat kerja sama dan tentunya menghormati hukum internasional.
 
Menlu Wang Yi memiliki pandangan yang sejalan dengan Indonesia. Menurutnya, terkait kerja sam regional Indonesia selalu memiliki pemikiran maju. 
 
"Menlu Retno menejelaskan mengenai Indo-Pasifik, menurutnya prinsip itu didasarkan atas keterbukan dan inklusif. Arahnya lebih kepada dialog dan kerjasama. Kami (Tiongkok) setuju dengan ide ini. karena sejalan dengan arah kemajuan. Ide ini juga menunjukkan peran penting indonesia di kawasan," jelas Menlu Wang.
 
"Konsep lain yang berlawanan dengan prinsip ini, saya kira tidak akan laku," tegasnya.
 
Dalam catatan Kemenlu RI, hubungan Indonesia dan Tiongkok terus meningkat di tiap tahunnya. Dibuktikan dengan angka perdagangan, investasi dan turis dari Tiongkok ke Indonesia yang terus bertambah.
 
Angka perdagangan pada 2017 yakni USD63 miliar atau naik sebesar 17 persen. Indonesia menginginkan perdagangan yang seimbang. Indonesia berharap produk-produk unggulan Indonesia seperti CPO, dapat ditingkatkan.
 
Investasi juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2017 tercacat investasi Tiongkok ke Indonesia sebesar USD3,4 miliar, atau nomor 3 terbesar di Indonesia.

 
https://video.medcom.id/headline-news/4ba7paJK-menlu-retno-bertemu-pm-tiongkok

(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PALESTINA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018