Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.606.841.593 (13 JULI 2018)

Afghanistan Upayakan Masa Tinggal Pengungsi di Pakistan

Arpan Rahman - 14 Januari 2018 16:18 wib
Pengungsi wanita dan anak-anak berada di sebuah kamp di Mazar-i-Sharif, 4 Januari 2018. (Foto: AFP/FARSHAD USYAN)
Pengungsi wanita dan anak-anak berada di sebuah kamp di Mazar-i-Sharif, 4 Januari 2018. (Foto: AFP/FARSHAD USYAN)

Islamabad: Para diplomat Afghanistan yang ditempatkan di Pakistan mencoba meyakinkan otoritas setempat agar memberikan perpanjangan masa tinggal kepada pengungsi Afghanistan hingga satu tahun ke depan. 

Usaha para diplomat ini merespons keputusan Pakistan untuk memulangkan semua pengungsi ke Afghanistan pada 31 Januari mendatang.

Pada 3 Januari, kabinet federal Pakistan memberikan perpanjangan satu bulan untuk kartu Bukti Pendaftaran (PoR) pengungsi Afghanistan yang tinggal di negara tersebut. Masa perpanjangan akan berakhir pada 31 Januari.

Wakil Duta Besar Afghanistan di Islamabad Zardasht Syams mengatakan kepada Arab News bahwa keputusan Pakistan memulangkan 1,4 juta pengungsi ke Afghanistan dalam satu bulan "hampir tidak mungkin" bisa terwujud. Ia khawatir dengan dampak dari keputusan Pakistan tersebut.

"Kami mencoba meyakinkan pihak berwenang di Pakistan supaya memperpanjang masa tinggal pengungsi Afghanistan sampai akhir tahun ini. Namun, kami juga telah menginformasikan para pengungsi agar siap untuk dipulangkan kapanpun," tambah Wakil Dubes seperti dinukil Pakistan Today, Minggu 14 Januari 2018. 

Dia juga memperingatkan bahwa pengungsi Afghanistan berpotensi dirazia polisi setelah kartu PoR kedaluwarsa akhir bulan ini.

Selain 1,4 juta pengungsi Afghanistan yang terdaftar, Pakistan juga menampung sekitar 1 juta warga Afghanistan yang tidak terdaftar.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AFGHANISTAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 16-07-2018