Menhan RI Nilai Konflik Laut China Selatan Mereda

Sonya Michaella - 13 Oktober 2017 16:14 wib
Armada kapal Tiongkok di Laut China Selatan. (Foto: AFP/STR)
Armada kapal Tiongkok di Laut China Selatan. (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi Laut China Selatan sempat memanas, namun kini sudah sedikit mereda. Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu ketika menerima kunjungan Menteri Pertahanan Vietnam  Ngo Xuan Lich di Jakarta, Jumat 13 Oktober 2017.

Vietnam juga salah satu negara pengklaim sebagian Laut China Selatan ini adalah miliknya. Kapal-kapal penjaga pantai Vietnam juga sering melintasi Laut China Selatan.

“Laut China Selatan sekarang sudah agak mereda, ya, konfliknya. Ini juga atas inisiasi Indonesia. Saya bilang ke Tiongkok waktu kita bertemu mereka tahun lalu, terbuka saja sama kita soal ini,” kata Ryamizard, di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Jumat 13 September 2017.

“Ya, mereka kan sudah terbuka sama kita. Bagaimana kita patroli, dan kita juga membuka diri ke mereka. Setelah itu, mereka terbuka ke kita dan ASEAN,” lanjut dia.


Menhan Ryamizard (kanan) dan Menhan Vietnam. (Foto: Metrotvnews.com/Sonya Michaella)

Menurut Menhan Ryamizard, Indonesia sudah bisa meredam konflik Laut China Selatan yang sempat memanas beberapa waktu lalu. Ia menambahkan, Indonesia juga membuka pintu untuk meredakan konflik ini.

“Klaim-klaim itu, ya, urusan mereka lah. Yang penting kita sudah bisa meredam konflik agar tidak pecah,” tukas dia.

“Ibaratnya Laut China Selatan itu pekarangan rumah kita bersama. Jadi, ya, harus dijaga stabilitas dan kesejahteraannya,” ujar dia lagi.

Selain Tiongkok, Laut China Selatan juga diklaim Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei Darussalam.




(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LAUT CHINA SELATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 11-12-2017