DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Presiden Korsel Berharap KTT AS-Korut Berhasil

Sonya Michaella - 12 Juni 2018 08:47 wib
Presiden Korsel Moon Jae-in. (Foto: AFP)
Presiden Korsel Moon Jae-in. (Foto: AFP)

Seoul: Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in berharap pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berjalan lancar.

"Saya harap mereka membuat keputusan yang baik dan berani dalam pertemuan perdana mereka di Singapura," kata Moon, dikutip dari Strait Times, Selasa 12 Juni 2018.

"KTT AS-Korut ini akan menjadi hadiah bagi seluruh dunia. Ini adalah tekad kuat dari keduanya, yang telah memungkinkan terjadinya pertemuan ini," ucap dia.

Kantor kepresidenan Korsel, Gedung Biru, merilis pernyataan bahwa malam sebelum bertemu Kim, Trump sempat menelepon Moon selama 40 menit.

"Presiden Trump menunjukkan kemauan yang kuat untuk menyelesaikan krisis nuklir Korut dan Kim juga menunjukkan kesungguhannya untuk keberhasilan KTT ini," ucap Moon lagi.

Moon juga mendesak adanya upaya yang tulus dari kedua negara dan negara-negara tetangga seperti Jepang dan Tiongkok untuk pendekatan lebih baik lagi demi perdamaian dunia.

Ia pun meminta dukungan masyarakat internasional untuk meningkatkan hubungan antar-Korea, pembicaraan militer serta diskusi tentang isu-isu kemanusiaan kedua negara.

Baru saja Trump dan Kim bertemu untuk pertama kalinya di Singapura. Mereka pun terlihat berjabat tangan dengan hangat meski tanpa senyuman.

Namun ketika berjalan memasuki ruangan pertemuan, Trump terlihat mengajak bicara Kim dan Kim pun membalasnya dengan menyertai senyuman.

Menurut agenda, Trump dan Kim akan bertemu selama 45 menit dengan didampingi penerjemah. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dan makan siang bersama delegasi kedua negara. 



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AMERIKA SERIKAT-KOREA UTARA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 18-10-2018