Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.387.516.226 (18 JUNI 2018)

Kartu Diaspora Indonesia Resmi Diluncurkan

Marcheilla Ariesta - 21 Agustus 2017 15:49 wib
Menlu RI Retno L.P Marsudi resmikan Kartu Diaspora Indonesia (Foto: Marchiella Ariesta/Metrotvnews.com).
Menlu RI Retno L.P Marsudi resmikan Kartu Diaspora Indonesia (Foto: Marchiella Ariesta/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kartu Diaspora Indonesia resmi diluncurkan. Kartu ini diluncurkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama dengan Wakilnya, A.M Fachir, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (Plt. Dirjen IDP) Kementerian Luar Negeri Niniek Kun Naryatie di kantor Kemenlu, Jakarta Pusat.
 
Menlu Retno, saat ditemui awak media menuturkan, Kartu Diaspora Indonesia ini berguna untuk memberikan fasilitas kepada para diaspora Indonesia.
 
"Kegunaan Kartu Diaspora ini adalah untuk memberikan fasilitas kepada diaspora Indonesia, baik yang berwarganegara Indonesia maupun warga negara asing tetapi dulunya adalah orang Indonesia, namun ada beberapa kriteria lainnya," ujar Menlu Retno di lapangan Kemenlu, Senin, 21 Agustus 2017.
 
Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu menjelaskan kartu tersebut merupakan satu program yang sejak diangkat sejak Presiden Joko Widodo memangku jabatan. Dibuatnya kartu ini berdasarkan berbagai macam kegiatan diaspora yang datang ke presiden saat beliau berkunjung ke luar negeri.
 
Kartu Diaspora Indonesia disebut Menlu Retno sebagai hadiah bagi seluruh diaspora Indonesia di ulang tahun Kemenlu ke-72. Dia berharap diaspora Indonesia bisa bersatu membangun negeri.
 
Sementara itu, Plt. Dirjen IDP sekaligus Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Niniek Kun Naryatie, menjelaskan penerbitan Kartu Diaspora ini sebagai bukti bahwa diaspora Indoesia diakui perannya oleh pemerintah.
 
"Ini juga bukti bahwa kita memberikan acknowledgement (pengakuan) bahwa diaspora itu memang kita akui keberadaannya," imbuh dia.
 
Sebelumnya, tidak ada peraturan mengenai diaspora. Karenanya, peluncuran Kartu Diaspora Indonesia menjadi satu langkah pemerintah untuk mengakui peran dan keberadaan diaspora Indonesia untuk membangun negeri.
 
Niniek menambahkan, semua fasilitas yang diberikan melalui kartu ini merupakan kewenangan dari kementerian terkait.
 
"Kita hanya meng-acknowledge mereka sebagai diaspora, nanti kementerian lain yang membuat peraturan khusus apa yang diberikan kepada para pemegang kartu diaspora tersebut," pungkas dia.



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIASPORA INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 18-06-2018