Jepang Terus Pertahankan 1.800 Perusahaannya di Indonesia

Sonya Michaella - 13 Januari 2018 15:21 wib
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii menjamin keamanan sekitar 19 ribu warga Jepang di seluruh Indonesia (Foto: Sonya Michaella).
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii menjamin keamanan sekitar 19 ribu warga Jepang di seluruh Indonesia (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Kontribusi Jepang terhadap pembangunan Indonesia dalam berbagai bidang patut diapresiasi. Kondisi globalisasi dan persaingan negara-negara lain mengharuskan Indonesia mengoptimalkan hubungan dengan Jepang.
 
Adanya kerja sama ini juga tidak selalu melalui antar pemerintah, melainkan swasta. Sekitar 1.800 perusahaan Jepang berdiri di Indonesia dan mempekerjakan warga Indonesia itu sendiri.
 
Saat ini, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii tengah berusaha menjamin keamanan dan kelancaran usaha bagi sekitar 19 ribu warga Jepang yang menetap di seluruh Indonesia.
 
"Kami juga memperlancar aktivitas 1.800 perusahaan Jepang yang bergerak di Indonesia. Perusahaan kami di Indonesia memiliki kontribusi besar di bidang ketenagakerjaan," kata Dubes Ishii dalam acara Ambassador Talk yang digelar oleh Ikatan Alumni Program Habibie di Kementerian Koperasi dan UMKM, Jakarta, Sabtu 13 Januari 2018.
 
Terkait dengan berdirinya perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia, perlu adanya penyesuaian termasuk kualitas ketenagakerjaan.
 
Penyesuaian tersebut, ujar dia, tentunya sangat tergantung kepada kesiapan Sumber Daya Manusia yang kompeten. Untuk itu, Jepang siap untuk memperkuat postur SDM Indonesia demi pembangunan.
 
"Tahun ini adalah tahun yang tepat bagi kami untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia karena tahun ini adalah 60 tahun peringatan hubungan Jepang dan Indonesia," lanjut dia.
 
Kondisi globalisasi yang dinamis tentu membuat Jepang harus bekerja keras demi mempertahankan perusahaan-perusahaannya di Indonesia, agar tak pindah ke negara lain maupun merelokasikan pabriknya.
 
"Maka dari itu, kami butuh SDM yang paham konsep value investment di berbagai negara, terutama dari Jepang," tukasnya.



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INDONESIA-JEPANG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018