Kepanikan di Hawaii akibat Karyawan Salah Pencet Tombol

Arpan Rahman - 14 Januari 2018 13:24 wib
Pemandangan Honolulu, Hawaii, 13 Januari 2018 pagi. (Foto: AFP/EUGENE TANNER)
Pemandangan Honolulu, Hawaii, 13 Januari 2018 pagi. (Foto: AFP/EUGENE TANNER)

Honolulu: Peringatan serangan rudal balistik terdengar di Hawaii, Sabtu 13 Januari 2018. Tak ayal, tanda bahaya menebarkan kepanikan dan kebingungan di seluruh negara bagian Amerika Serikat (AS) itu. 

Manajemen darurat Hawaii mengonfirmasi peringatan muncul di telepon genggam masyarakat Hawaii tepat setelah pukul 08:00 waktu setempat. Hal ini dipicu seorang karyawan Agensi Manajemen Darurat Hawaii yang "salah memencet sebuah tombol." 

Orang-orang di Hawai panik dan bergegas mencari tempat aman. Ada yang lari ke bak mandi, ruang bawah tanah, atau berlindung di bawah kasur.

Salah seorang yang ada di Hawaii ketika itu, Alison Teal, mendeskripsikan kejadian itu sebagai "momen terburuk dalam hidup saya."

Masyarakat Hawaii berada dalam perasaan was-was saat AS dan Korea Utara bersitegang dalam beberapa bulan terakhir. Korut sebelumnya sempat mengklaim rudalnya dapat mencapai wilayah AS, termasuk Hawaii.

"Saya sangat meminta maaf atas masalah dan berduka atas hal yang disebabkan hari ini," kata Vern Miyagi, administrator Agensi Manajemen Darurat Hawaii.

Baca: Peringatan Dini Rudal Balistik Hebohkan Hawaii

"Kami telah menghabiskan beberapa bulan terakhir untuk mengantisipasi beragam ancaman, hingga kami bisa menyiapkan sistem alarm kepada publik," sambungnya seperti dilansir AFP, Minggu 14 Januari 2018.

"Kami membuat kesalahan," dia mengakui dalam sebuah konferensi pers. "Kami mempelajari kejadian ini supaya tidak terjadi lagi," tegasnya.

Juru bicara militer AS David Benham mengatakan Komando Pasifik "tidak mendeteksi adanya ancaman rudal balistik ke Hawaii. Pesan sebelumnya dikirim karena kesalahan."

"Saya tahu secara langsung bahwa apa yang terjadi hari ini sama sekali tidak dapat diterima," Gubernur David Ige mengatakan tentang peringatan tersebut, yang juga disiarkan di beberapa stasiun televisi lokal.



(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KOREA UTARA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018