Lima Orang Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir

Willy Haryono - 13 Agustus 2017 17:04 wib
Pendemo melempari pasukan India dengan batu di Anantnag, Kashmir, 4 Agustus 2017. (Foto: AFP/TAUSEEF MUSTAFA)
Pendemo melempari pasukan India dengan batu di Anantnag, Kashmir, 4 Agustus 2017. (Foto: AFP/TAUSEEF MUSTAFA)

Metrotvnews.com, Srinagar: Dua tentara dan tiga pemberontak tewas dalam baku tembak di Kashmir, Minggu 13 Agustus 2017, yang merupakan aksi kekerasan terbaru di kawasan sengketa tersebut. 

Ratusan tentara India dan pasukan anti-pemberontak mengepung Awneera, sebuah desa yang berlokasi sekitar 50 kilometer dari kota utama Srinagar pada Sabtu kemarin. Mereka datang atas informasi adanya militan bersenjata di sana. 

Menurut keterangan juru bicara militer India Kolonel Rajesh Kalia kepada AFP, baku tembak sengit meletus yang berujung kematian lima orang. 

Seorang polisi anonim menyebut para militan teridentifikasi sebagai warga lokal. 

Saat berita kematian akibat baku tembak menyebar, ratusan warga dari beberapa desa tetangga berunjuk raas di jalanan. Mereka melempari prajurit India dengan batu dan meneriakkan slogan anti-pemerintah. 

Dalam insiden terpisah pada Minggu dini hari, pemberontak menembaki sebuah konvoi militer di area Hajin. Dua polisi dan satu tentara terluka dalam insiden. 

Sabtu kemarin, seorang warga sipil dan prajurit tewas dalam baku tembak antara militer India dan pakistan di sepanjang perbatasan de facto yang membagi dua Kashmir. 

Sedikitnya 130 militan dan 39 prajurit tewas dalam baku tembak di sekitar Kashmir sepanjang 2017. 

Kashmir terbagi dua antara India dan Pakistan, sejak berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris pada 1947. Kedua negara sama-sama mengklaim keseluruhan Kashmir.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KONFLIK KASHMIR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 19-08-2017