DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.000.625.454 (13 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Selamat dari Gua, Tim Bola Anak Thailand Kehilangan Berat Badan

Arpan Rahman - 11 Juli 2018 15:27 wib
Anak-anak berkumpul di depan rumah sakit di mana 12 anak anggota tim sepakbola 'Wild Boars' dirawat (Foto: AFP).
Anak-anak berkumpul di depan rumah sakit di mana 12 anak anggota tim sepakbola 'Wild Boars' dirawat (Foto: AFP).

Tham Luang: Kedua belas anak laki-laki dan pelatih sepak bola berhasil diselamatkan dari dalam gua Thailand yang banjir. Mereka kehilangan rata-rata dua kilogram selama cobaan berat itu, tapi umumnya dalam kondisi baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda stres.
 
Baca juga: Pompa Air Macet usai Bocah Terakhir Diselamatkan dari Gua.
 
Salah seorang yang diselamatkan dari kompleks gua Tham Luang pada Selasa memiliki tanda-tanda radang paru-paru, kata pejabat kesehatan pada Rabu di Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukroh.
 
Itu terjadi setelah para pejabat mengatakan mereka mencurigai tanda-tanda pneumonia pada dua anak laki-laki yang telah diselamatkan pada Ahad.
 
Empat anak laki-laki pertama yang diselamatkan pada Ahad semuanya pulih dengan baik. "Hasil rontgen dada mereka menunjukkan perbaikan," ujar salah satu pejabat Thailand, seperti dinukil Channel News Asia, Rabu 11 Juli 2018.
 
Mereka yang mengalami radang paru-paru mungkin harus tetap di rumah sakit selama sepekan, dan dapat beristirahat di rumah selama seminggu lagi.
 
"Selain itu, sebagian besar anak laki-laki kehilangan 'rata-rata dua kilogram' di dalam goa," kata seorang pejabat.
 
Publik Thailand bereaksi dengan lega, rasa terima kasih dan kegembiraan menyusul kelompok terakhir dari tim sepak bola 'Wild Boars' diselamatkan dari gua Tham Luang, dekat perbatasan Myanmar, pada Selasa malam, mengakhiri cobaan yang mencekam Thailand dan sorotan dunia.
 
Mereka dibawa helikopter ke rumah sakit sekitar 70 kilometer jauhnya untuk bergabung dengan rekan satu tim mereka di karantina sementara waktu.
 
"Tidak ada tanda-tanda 'infeksi serius' pada kelompok kedua anak laki-laki yang diselamatkan pada Senin," kata seorang pejabat kesehatan, menambahkan bahwa anak-anak itu dikunjungi oleh orangtua mereka, Rabu.
 
Hampir semua 13 orang yang diselamatkan memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi, menunjukkan infeksi, kata salah satu pejabat. Namun, semua anak laki-laki dan pelatih mereka sangat bersemangat dan tidak stres.
 
Ke-12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka terjebak di kompleks goa sejak 23 Juni dan penyelamatan tersebut mendominasi berita utama di Thailand.
 
"Semua Wild Boars Selamat," terbaca satu judul berita di surat kabar.
 
"Hooyah! Misi selesai," judul yang lain, menggemakan seruan dari Angkatan Laut Thailand SEAL yang terlibat dalam penyelamatan.
 
Tagar #Hooyah juga sangat populer di kalangan warganet Thailand yang ingin menunjukkan dukungan mereka terhadap ratusan penyelamat, termasuk penyelam dari seluruh dunia, yang membantu mengeluarkan anak-anak.


(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG THAILAND
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 13-11-2018