Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp 5.963.078.120 (13 AGUSTUS 2018)

Wisata Kapal Pesiar, Terobosan Pariwisata RI-Singapura

Sonya Michaella - 14 Februari 2018 14:11 wib
Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018. (Foto: Sonya Michaella)
Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan membicarakan perihal kerja sama kedua negara, termasuk di bidang pariwisata. Keduanya ingin sektor pariwisata RI serta Singapura sama-sama berkembang.

"Salah satunya adalah kita bicara soal kapal pesiar atau cruise tourism. Ada pelayaran dari Genting Dream dari Singapura-Surabaya-Bali yang sudah dimulai dari Desember 2017 kemarin," kata Menlu Retno, ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018.

Tak hanya Genting Dream, Menlu Retno mengaku Indonesia dan Singapura sedang mengembangkan pariwisata, terutama wisata di laut.

"Selain itu, kita sedang mengembangkan kerja sama Pelindo 3 dengan Singapura untuk Marina di Banyuwangi," lanjut dia.

Ia mengungkapkan lagi, Indonesia dan Singapura juga sedang membangun kerja sama untuk pelatihan pemandu kapal pesiar.

"Kalau ini konteksnya pengembangan pendidikan pariwisata, jadi ada pelatihan pemandu kapal pesiar," tutur Menlu Retno.

Menambahkan apa yang diutarakan Menlu Retno, Duta Besar RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya juga mengungkapkan satu kerja sama lagi yang cukup penting, yaitu penerbangan langsung.

"10 New Bali ini di mana kita promosikan gencar sekali. Yang sedang digodok adalah penerbangan langsung Singapura ke Belitung dan Singapura ke Toba," ungkap Dubes Ngurah.

Konsep 10 New Bali ini adalah mempromosikan pariwisata Indonesia, agar wisatawan tak hanya mengunjungi Bali. Bukan berarti pemerintah mengesampingkan Bali, tetapi 10 destinasi wisata ini juga tak kalah cantik dari Pulau Dewata.

Lokasi wisata yang ditawarkan adalah Belitung, Danau Toba, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu Jakarta, Mandalika Lombok, Wakatobi, Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Morotai Maluku.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INDONESIA-SINGAPURA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 15-08-2018