DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 13.813.894.338 (20 AGUSTUS 2018)

Trump dan Kim Sepakat Proses Menuju Pertemuan Tidak Mudah

Marcheilla Ariesta - 12 Juni 2018 10:37 wib
Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un di Hotel Capella, Singapura, 12 Juni 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un di Hotel Capella, Singapura, 12 Juni 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Singapura: Donald Trump dan Kim Jong-un saling bertukar kata-kata pujian dan berjabat tangan dalam sebuah pertemuan bersejarah di Singapura, Selasa 12 Juni 2018, untuk mengatasi ketegangan antara Amerika Serikat dengan Korea Utara yang sudah terjadi lama, bahkan sejak era Perang Dingin.

Kedua pemimpin duduk berdampingan di sebuah hotel mewah di Singapura untuk membicarakan berbagai isu, terutama mengenai denuklirisasi.

Ini merupakan kali pertama seorang presiden aktif AS bertemu dengan pemimpin Korut. Beberapa bulan lalu, pertemuan ini dapat dibilang hampir mustahil terjadi.

"Proses menuju pertemuan ini tidak mudah," ujar Kim saat duduk di samping Trump.

"Prasangka dan tindakan di masa lalu menjadi penghambat bagi kita melangkah ke depan, tapi kita mengatasi hal itu dan bisa duduk di sini," lanjut dia.

Trump merespons: "Iya, itu benar."

Baca: Trump dan Kim Jong-un Bertemu Pertama Kalinya

Pertemuan berlangsung positif, dan Kim Yong-hyun, seorang profesor dari Universitas Dongguk, berkata bahwa, "atmosfer konferensi ini terlihat sangat baik."

"Sulit rasanya jika pertemuan pertama ini akan menghasilkan perjanjian spesifik, tapi cukup signifikan sebagai permulaan," tambah dia.

Sebelum bertemu Kim, Trump menyebut dirinya akan tahu "dalam hitungan menit" jika dirinya dapat membuat semacam perjanjian dengan Kim. Ia juga memprediksi adanya "hubungan yang luar biasa baik" dengan Kim di masa mendatang.

Sementara Kim merasa pertemuan historis hari ini dapat mengatasi berbagai masalah antar kedua negara di masa lalu.

Usai berbicara empat mata, pertemuan Trump dan Kim dilanjutkan bersama delegasi kedua negara. Pertemuan bersama delegasi ini direncanakan berlangsung hingga pukul 11.30 waktu setempat dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.



(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KOREA UTARA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018