DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Bappenas Paparkan 7 Strategi Percepatan Pembangunan Papua

Sonya Michaella - 21 Agustus 2017 14:54 wib
Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro (Foto:MTVN/Sonya Michaella)
Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro (Foto:MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komitmen Diaspora Indonesia untuk membantu pembangunan Papua dan Papua Barat, disambut hangat dan didukung penuh oleh Pemerintah Indonesia, khususnya Bappenas, sebagai koordinator.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro menegaskan, pembangunan Papua dan Papua Barat akan diintensifkan, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

"Kita memasukkan percepatan pembangunan Papua, khususnya daerah tertinggal. Lalu ada pencegahan penanggulangan bencana, pendidikan dan fasilitas kesehatan," kata Bambang ketika memaparkan rencana pembangunan Papua dalam Kongres Diaspora Indonesia, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin 21 Agustus 2017.

Bambang pun memaparkan lebih dalam tujuh strategi percepatan pembangunan wilayah Timur Indonesia ini, antara lain pembangunan berbasis wilayah adat dan difokuskan untuk warga asli Papua.

"Kita juga akan percepat pembangunan kampung, terutama daerah pegunungan, terpencil dan daerah yang sulit dijangkau serta dialog internal dengan masyarakat setempat serta pemerintah daerah," ujar Bambang.

Menurut dia, pemerintah pusat pun harus memberikan pendampingan apatur kepada pemerintah daerah agar pembangunan berjalan lancar.

"Dengan syarat, masyarakat lokal juga harus terlibat dalam percepatan pembangunan ini jika Papua dan Papua Barat ingin maju," ungkap dia lagi.

Ia menambahkan, hubungan pemerintah dengan pihak swasta dan pengusaha lokal juga sangat diperlukan dalam usaha percepatan pembangunan Papua tersebut.

"Diharapkan, dengan adanya peran aktif Diaspora, pembangunan Papua dan Papua Barat bisa lebih cepat dan juga masyarakat yang lain turut ikut bergabung," pungkas dia.




(WAH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIASPORA INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 16-12-2018