DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Mantan Presiden Korea Selatan Hadapi Tuduhan Penyuapan

Arpan Rahman - 14 Maret 2018 18:59 wib
Mantan Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak dihadapkan pada tuduhan penyuapan (Foto: AFP).
Mantan Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak dihadapkan pada tuduhan penyuapan (Foto: AFP).

Seoul: Mantan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak menghadapi jaksa, pada Rabu 14 Maret. Ia menghadiri sesi wawancara intensif atas berbagai tuduhan penyuapan dan penyimpangan selama masa dia berkuasa.
 
Lee tiba di Kantor Jaksa Distrik Seoul sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat. Para jaksa sudah menyiapkan 120 halaman pertanyaan kepada mantan presiden tersebut.
 
Mereka sangat curiga bahwa dia pelaku utama di balik suap dan tuduhan penggelapan yang melibatkan mantan sekretaris kepresidenan, para pejabat negara, dan anggota keluarganya.
 
Penyidik ??yakin bahwa Lee memerintahkan National Intelligence Agency untuk menyalurkan USD1,6 juta ke kantornya melalui para ajudan presiden, beberapa di antaranya telah ditangkap.
 
Mantan pejabat NIS sudah memberi kesaksian bahwa dana agensi tersebut dikucurkan lewat perintah dari kantor pemimpin puncak.
 
Mantan pemimpin kubu konservatif tersebut juga diyakini menerima sekurangnya USD9 juta dalam bentuk suap dari beberapa perusahaan terbesar di negara itu. Termasuk Woori Finance Holdings dan Samsung Electronics melalui sejumlah anggota keluarga.
 
Beberapa USD5,5 juta dari Samsung Electronics diduga mendanai biaya upah dan tuntutan hukum untuk sebuah perusahaan bagian otomotif yang disebut DAS. Lee sejak telah lama dicurigai memiliki dan menggunakannya demi menyembunyikan asetnya.
 
Jaksa memperkirakan Lee memiliki lebih dari 80 persen saham perusahaan dengan nama catutan.
 
Perusahaan tersebut juga sedang diselidiki karena menciptakan kucuran dana rahasia minimal USD9 juta, yang menurut Lee telah dikendalikan.
 
Tokoh berusia 76 tahun ini sebagian besar diperkirakan akan mengklaim perusahaan tersebut milik saudara tertuanya Lee Sang-eun dan mengaku tidak bersalah atas tuduhan lainnya.
 
Mantan presiden dan tim hukumnya telah bersiap diinterogasi, yang kemungkinan akan berjalan sampai malam saat dia menghadapi 20 tuduhan, Chosun Ilbo melaporkan.
 
Dia telah mengklaim penyelidikan atas dirinya dan kenalannya merupakan tindakan balas dendam politik oleh pemerintahan Moon Jae-in yang liberal.
 
Sebelum memasuki kantor kejaksaan, Lee mengumumkan kepada wartawan bahwa dia berada dalam "posisi tidak nyaman yang mengerikan hari ini."
 
"Saya minta maaf karena menambahkan penyebab kegelisahan bagi masyarakat, saat ekonomi sedang berjuang dan suasana seputar Semenanjung Korea sangat parah," katanya, seperti dilansir UPI, Rabu 14 Maret 2018.
 
Investigasi tersebut digelar lima tahun setelah Lee meninggalkan jabatannya, menjadikannya mantan presiden kelima yang diinterogasi oleh jaksa penuntut.



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KOREA SELATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018