Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

Ledakan di Kampanye Pemilu Pakistan Tewaskan 13 Orang

Willy Haryono - 11 Juli 2018 10:25 wib
Petugas keamanan berada di lokasi bom bunuh diri di Peshawar, Pakistan, 10 Juli 2018. (Foto: AFP)
Petugas keamanan berada di lokasi bom bunuh diri di Peshawar, Pakistan, 10 Juli 2018. (Foto: AFP)

Peshawar: Ledakan bom bunuh diri di sebuah acara kampanye politik di Pakistan menewaskan sedikitnya 13 orang, termasuk seorang politikus. Peristiwa terjadi di tengah kekhawatiran mengenai sektor keamanan menjelang pemilihan umum nasional bulan ini.

Serangan bom terjadi di sebuah acara kampanye yang digelar Partai Nasional Awami (ANP) di kota Peshawar pada Selasa 10 Juli. Partai ini menjadi sasaran sejumlah militan karena vokal terhadap grup seperti Taliban.

Pengeboman terjadi beberapa jam usai juru bicara militer Pakistan mengumumkan mengenai ancaman keamanan menjelang pemilu pada 25 Juli mendatang.

"Sedikitnya 13 orang tewas, termasuk (Haroon) Bilour," ujar Kepala Kepolisian Peshawar Qazi Jameel kepada kantor berita AFP, merujuk pada nama seorang politikus.

Haroon Bilour adalah salah satu calon legislatif dari ANP yang berasal dari keluarga politikus ternama di Khyber-Pakhtunkhwa. Selain menewaskan Haroon dan 12 orang, ledakan juga melukai 54 lainnya. 

Ayah Haroon, Bashir Bilour, juga tewas dalam serangan bom bunuh diri pada 2012.

Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan. Namun dalam beberapa tahun terakhir, serangan bom bunuh diri marak terjadi di Peshawar.

Serangkaian serangan seperti itu biasa diklaim Taliban Pakistan dan grup terafiliasi lainnya.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TALIBAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-07-2018