DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Istri Penerima Nobel Perdamaian Diizinkan Meninggalkan Tiongkok

Wahyu Dwi Anggoro - 10 Juli 2018 14:51 wib
Liu Xia dilaporkan akan tinggal di Jerman (Foto:AFP)
Liu Xia dilaporkan akan tinggal di Jerman (Foto:AFP)

Beijing: Liu Xia, janda dari Liu Xiaobo, peraih Nobel Perdamaian asal Tiongkok, dikabarkan telah meninggalkan Negeri Tirai Bambu tersebut.

"Liu Xia meninggalkan Beijing menggunakan maskapai Finnair sekitar pukul 11 siang," sebut Ye Du, rekan perempuan berusia 57 tahun itu, seperti dilansir AFP pada Selasa 10 Juli 2018.

Liu Xia dikenakan tahanan rumah setelah suaminya meraih Nobel Perdamaian pada 2010. Ia berada dalam pengawasan ketat aparat sampai dengan kematian suaminya pada tahun lalu.

Liu Xiaobo meninggal dunia setelah didiagnosis mengidap kanker hati. Ia menjadi peraih Nobel Perdamaian pertama yang meninggal dunia dalam tahanan pasca Perang Dunia II.

Beberapa diplomat dari Negara Barat berusaha untuk menjenguk Liu Xia pada Mei lalu. Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berulang kali meminta Liu Xia dibebaskan dengan alasan kemanusiaan.

"Sungguh bahagia mendengar kabar bebasnya Liu Xia," kata Patrick Poon dari Amnesty Internasional kepada AFP.

"Dia akhirnya bisa mendapatkan perawatan untuk mengatasi depresi yang dideritanya," lanjut Poon.

Liu Xia dilaporkan akan menerima suaka politik dari Pemerintah Jerman. Bebasnya Liu Xia terjadi sehari setelah pertemuan antara Kanselir Jerman Angela Merkel dengan Pedana Menteri Tiongkok Li Keqiang.

Merkel memang secara terbuka mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi Liu Xia. Dia dipercaya membujuk Pemerintah China untuk membiarkan Liu Xa pergi.



(WAH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIONGKOK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ASIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-09-2018