Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Minta Lukisan dari Museum, Trump Ditawari Toilet Emas

Sonya Michaella - 26 Januari 2018 10:10 wib
Toilet emas yang ditawarkan kepada Trump. (Foto: Independent)
Toilet emas yang ditawarkan kepada Trump. (Foto: Independent)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan meminta sebuah museum di AS untuk meminjamkan lukisan karya Van Gogh untuk Gedung Putih.

Namun, bukannya meminjamkan, Museum Guggenheim di New York malah menawarkan patung emas 18 karat berbentuk toilet karena mereka tak bisa meminjamkan lukisan Van Gogh.

"Mohon maaf tidak dapat meminjamkan lukisan sesuai permintaan, mungkin penawaran spesial ini mungkin menarik," tulis kurator museum, Nancy Spector, dalam sebuah surat kepada Gedung Putih, dikutip dari Washington Post, Jumat 26 Januari 2018.

Toilet emas ini merupakan karya dari Cattelan dan termasuk karya yang paling rumit. Uniknya, pembuatan toilet emas ini terinspirasi dari keputusan Trump untuk mencalonkan diri menjadi presiden.

"Sudah lebih dari 100 ribu orang yang menggunakan toilet ini saat dipajang," lanjut surat tersebut.

Sampai saat ini, belum ada tanggapan dari Gedung Putih terkait tawaran toilet emas ini. Sebelumnya, Cattelan dikenal sebagai pengkritik Trump.

Toilet emas ini pertama kali dipamerkan pada September 2017, di mana Trump sudah menjabat sebagai presiden selama 238 hari. 

Toilet emas ini disebut-sebut sebagai simbol kemunduran dari pemerintahan Negeri Paman Sam dari skandal Trump dengan Rusia hingga keluarnya AS dari Perjanjian Iklim Paris. 



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERISTIWA UNIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA UNIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-06-2018