Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Kota Kuno Seluas Manhattan Ditemukan di Meksiko

Arpan Rahman - 17 Februari 2018 22:00 wib
Teknologi pemetaan laser Lidar memperlihatkan kota kuno Angamuco. (Foto: C Fisher)
Teknologi pemetaan laser Lidar memperlihatkan kota kuno Angamuco. (Foto: C Fisher)

Mexico City: Tim pakar menemukan sisa-sisa kota kuno dengan piramida 'sebesar Manhattan' di bawah tanah di Meksiko. Mereka menggunakan teknik pemetaan laser berteknologi tinggi dalam penemuan ini. 

Manhattan adalah salah satu wilayah padat penduduk di kota New York, Amerika Serikat (AS).

Kota kuno ini, dikenal sebagai Angamuco, terdiri dari 40.000 bangunan. Menurut keterangan tim pakar, Angamuco dibangun bangsa saingan Aztec sekitar 1.000 tahun silam.

"Tidak habis pikir bahwa kota sebesar ini ada di jantung kota Meksiko," kata Chris Fisher, profesor antropologi di Colorado State University, seperti dinukil The Sun, Sabtu 17 Februari 2018.

Para ahli meyakini metode konvensional survei arkeologi akan menghabiskan waktu 20 tahun untuk mengumpulkan data Angamuco. Namun dengan teknologi pemetaan laser bernama Lidar, data dapat dikumpulkan hanya dalam waktu dua hari. 

Teknologi Lidar juga telah digunakan dalam proyek arkeologi di Guatemala. Tim pakar menemukan lebih dari 60.000 puing reruntuhan bangsa Maya yang tersembunyi di areal hutan Guatemala.

Temuan ini merupakan sebuah terobosan besar dalam dunia arkeologi.

Lokasi penemuan ini diperkirakan telah dihuni jutaan orang di masa lalu. Pemetaan dilakukan di area seluas 2.100 kilometer persegi di Peten utara. 


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MEKSIKO
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA UNIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-06-2018