DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.147.901 (21 SEP 2018)

Bom ISIS Hantam Pasukan Yaman, Lima Orang Tewas

Willy Haryono - 13 Maret 2018 17:44 wib
Prajurit pemerintah berada di lokasi bom bunuh diri di Aden, Yaman, 13 Maret 2018. (Foto: AFP/SALEH AL-OBEIDI)
Prajurit pemerintah berada di lokasi bom bunuh diri di Aden, Yaman, 13 Maret 2018. (Foto: AFP/SALEH AL-OBEIDI)

Aden: Sebuah bom bunuh diri mengenai sekelompok pasukan Yaman yang sempat dilatih pemerintah Uni Emirat Arab di Aden, Selasa 13 Maret 2018. Ledakan menewaskan lima orang dan melukai belasan lainnya. 

Serangan terjadi di sebuah pangkalan militer Aden, yang operasionalnya didukung pemerintah UEA. Seorang sumber keamanan di Aden mengatakan pejalan kaki dan staf dapur di pangkalan militer ikut menjadi korban. 

Seorang jurnalis AFP di lokasi melihat sedikitnya lima jasad diangkut petugas dari gedung yang terbakar. Sejumlah mobil yang terparkir dekat lokasi juga terbakar.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu di situs propagandanya, Amaq. ISIS menyebut "bom mobil telah mengenai markas utama penyimpanan makanan untuk Brigade Sabuk Keamanan Yaman yang loyal terhadap UEA."

Aden dikuasai pemerintah Yaman dan sekutunya yang tergabung dalam koalisi pimpinan Arab Saudi. Koalisi memerangi pemberontak Houthi yang menguasai Sanaa, ibu kota dari Yaman, dan sejumlah area di utara.

Namun area tersebut juga dihuni grup militan terafiliasi Al Qaeda serta ISIS, yang sama-sama melancarkan serangan di Yaman sejak beberapa tahun terakhir.

Pada 24 Februari, dua bom bunuh diri ISIS mengenai sebuah markas unit anti-terorisme di Aden. Ledakan menewaskan lima orang, termasuk satu anak kecil.

Januari lalu, Aden diguncang serangkaian bentrokan berdarah dimana pemberontak menguasai sebagian wilayah kota dari pasukan pro pemerintah.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KONFLIK YAMAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-09-2018