DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Israel Hancurkan Terowongan Gaza yang Menembus Perbatasan

Willy Haryono - 15 April 2018 18:03 wib
Warga Palestina melihat Israel menggunakan peralatan berat untuk menemukan terowongan di sepanjang perbatasan, 2 Februari 2018. (Foto: AFP/SAID KHATIB)
Warga Palestina melihat Israel menggunakan peralatan berat untuk menemukan terowongan di sepanjang perbatasan, 2 Februari 2018. (Foto: AFP/SAID KHATIB)

Tel Aviv: Militer Israel mengklaim telah menghancurkan sebuah terowongan milik kelompok Hamas yang dibuat dari Jalur Gaza hingga ke wilayahnya. Kabar disampaikan usai terjadinya ketegangan di perbatasan Gaza-Israel sejak lebih dari dua pekan lalu. 

Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan ini adalah terowongan terpanjang dan terdalam yang pernah ditemukan Israel.

Juru bicara militer Israel Jonathan Conricus mengatakan kepada awak media bahwa terowongan tersebut menembus hingga beberapa meter ke wilayah Israel, namun belum memiliki titik keluar. 

Terowongan saling terhubung dengan beberapa lainnya di Jalur Gaza, dan Israel menilai jaringan ini dapat digunakan untuk melancarkan serangan. 

Israel menghancurkan terowongan tersebut dengan cara memenuhinya dengan beragam material agar tidak dapat dipakai. 

"Kami sudah mengisinya dengan material sehingga tidak bisa digunakan untuk waktu yang sangat lama," sebut Conricus, seperti disitat AFP. Ia menegaskan pihaknya tidak menggunakan bahan peledak. 

Sementara itu Israel menuduh Hamas sengaja memanfaatkan unjuk rasa di perbatasan Gaza untuk melancarkan serangan. Israel telah tiga kali berperang dengan Hamas sejak 2008. Israel menyebut Hamas telah beberapa kali menggunakan terowongan untuk menyerang. 

Gaza telah diblokade Israel selama lebih dari satu dekade. Wilayah Gaza yang berbatasan dengan Mesir juga ditutup dalam beberapa tahun terakhir. 


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ISRAEL PALESTINA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 24-09-2018