DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

WNI di Zimbabwe Diminta Waspada Wabah Listeria

Marcheilla Ariesta - 07 Maret 2018 21:04 wib
ilustrasi: AFP
ilustrasi: AFP

Harare: Kedutaan Besar RI di Harare, Zimbabwe mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut untuk lebih berhati-hati untuk mengonsumsi daging. Imbauan tersebut disebarkan lewat pesan singkat Whatsapp.
 
(Baca: Wabah Listeria Paksa Kenya Larang Produk Daging Afrika Selatan)
 
"KBRI Harare mengeluarkan imbauan secara lisan melalui Whatsapp agar lebih hati-hati dalam mengonsumsi daging," ujar Duta Besar RI di Zimbabwe, Stephanus Yuwono, kepada Medcom.id lewat pesan singkat, Rabu 7 Maret 2018.
 
Dubes Stephanus juga menyampaikan Pemerintah Zimbabwe telah melakukan pencegahan wabah Listeria di sana. Salah satu caranya dengan menghentikan impir daging beku dari Afrika Selatan.
 
"Pemerintah Zimbabwe telah melaksanakan penghentian impor daging beku dingin dari Afrika Selatan guna mencegah merebaknya wabah Listeria di Zimbabwe," imbuhnya.
 
Hal senada juga dilakukan Kenya. Kementerian Kesehatan Kenya mengumumkan larangan impor dan penjualan produk daging olahan asal Afrika Selatan. Larangan disebabkan wabah listeria yang telah menewaskan sedikitnya 180 orang.
 
Sebelumnya, Mozambik, Namibia, Botswana, Zambia, Malawi, Swaziland dan Zimbabwe juga telah memblokir impor produk tersebut, termasuk yang dilakukan oleh pabrik Enterprise, yang dimiliki oleh Tiger Brands,- yang merupakan sumber wabah,- dan yang lainnya diproduksi oleh Rainbow Chickens.
 
Sejak Januari 2017, 948 orang di Afrika Selatan telah mengontrak listeriosis,-penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari tanah, air, vegetasi dan kotoran hewan yang dapat mencemari makanan segar,- terutama daging.
 
Hingga kini menurut data resmi sedikitnya 180 orang dilaporkan telah tewas. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebelumnya mengatakan bahwa wabah listeriosis Afrika Selatan diyakini terbesar di seluruh dunia.


(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LISTERIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018