Pasukan Irak Berusaha Rebut Kirkuk dari Tangan Kurdi

Willy Haryono - 13 Oktober 2017 17:20 wib
Pasukan elite pemerintah Irak. (Foto: AFP)
Pasukan elite pemerintah Irak. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Baghdad: Militer Irak meluncurkan operasi untuk merebut kembali sejumlah posisi yang dikuasai Kurdi di sekitar kota kaya sumber daya minyak Kirkuk, Jumat 13 Oktober 2017, di tengah perselisihan terkait referendum kemerdekaan bulan lalu.

Seorang pejabat Kurdi mengatakan ribuan personel militer telah dikerahkan untuk melawan penyerangan "dengan segala cara." Ia menyerukan komunitas internasional untuk melakukan intervensi terhadap pemerintah Irak untuk mencegah konfrontasi menjadi semakin memburuk.

Pasukan Irak dan Kurdi Peshmerga merupakan sekutu kunci dari koalisi pimpinan Amerika Serikat dalam perang melawan kelompok militan Islamic State (ISIS). Referendum kemerdekaan bulan lalu dinilai AS akan menghambat upaya menghancurkan ISIS.

Kirkuk adalah satu dari beberapa daerah yang diambil Kurdi Peshmerga dari pasukan Irak pada 2014 saat ISIS melancarkan operasi besar-besaran di wilayah utara dan barat.

Namun Irak menentang keras ambisi Kurdi untuk menjadikan Kirkuk milik mereka. Baghdad pun menyuarakan tekadnya untuk merebut kembali Kirkuk.

"Irak bergerak untuk mengambil kembali posisi militer mereka yang pernah diambil alih pada Juni 2014," ujar seorang jenderal kepada AFP.

Dia mengatakan pasukan Irak telah menguasai sebuah pangkalan di barat Kirkuk pada pagi ini, setelah Kurdi Peshmerga mundur tanpa perlawanan tadi malam.


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KONFLIK IRAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017