DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Rakyat Palestina Tolak Perubahan Peraturan Wanita

Marcheilla Ariesta - 09 Maret 2018 17:48 wib
Rakyat Palestina tolak perubahan peraturan untuk perempuan. (Foto: AFP).
Rakyat Palestina tolak perubahan peraturan untuk perempuan. (Foto: AFP).

Ramallah: Rakyat Palestina menolak perubahan peraturan mengenai perempuan tidak memenuhi aspirasi mereka. 

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah pada Senin lalu mengumumkan serangkaian perubahan peraturan yang memungkinkan perempuan Palestina mengajukan permohonan paspor, membuka rekening bank dan lain sebagainya. Sebelumnya, semua hal tersebut hanya boleh dilakukan pria.

Tak hanya itu, ia juga mengajukan perubahan peraturan yang menunggu persetujuan Presiden Mahmoud Abbas guna mengakhiri pengurangan hukuman atas mereka yang didakwa melakukan pembunuhan kehormatan terhadap perempuan.

Sayangnya, dilansir dari laman Xinhua, Jumat, 9 Maret 2018, perubahan tersebut gagal menangani tuntutan dasar yang telah lama diperjuangkan kaum perempuan.

Seorang wanita pengusaha Palestina Amal Ghdban mengatakan Hari Perempuan Internasional mengingatkan diri mengenai jutaan perempuan yang bekerja di seluruh dunia untuk membela kesetaraan dan martabat. Namun, kenyataannya di Palestina masih jauh dari harapan kaum perempuan.

"Peraturan tersebut merupakan langkah baru di arah yang benar, namun jurang pemisah dalam kerangka kerja hukum masih ada," kata dia.

"Jujur saja, perempuan pada 1980-an, bersama dengan organisasi perempuan berhasil mengangkat kesadaran perempuan mengenai hak mereka. Namun, semuanya tidak dikokohkan hukum," imbuh dia.

Dia mengatakan harapan para pejuang hak perempuan, perjuangan tersebut akan berbuah seperangkat hukum yang bisa memenuhi hak dasar para kaum perempuan.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PALESTINA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 24-09-2018