DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Hadiri KTT OKI, JK Tegaskan Indonesia Turut Serta Jaga Perdamaian Timur Tengah

Yogi Bayu Aji - 13 April 2016 07:06 wib
Wakil Presiden Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan terbang ke Turki, Rabu 13 April. Dia akan menjadi delegasi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja sama Islam (KTT OKI).

JK menjelaskan, visi Indonesia dalam pertemuan tingkat tinggi ini adalah untuk serta menjaga perdamaian negara Islam, khususnya di Timur Tengah. Indonesia ingin turut serta mencegah koflik di negara-negara OKI.

"Kemudian menjaga persatuannya. Karena ini dalam sejarah, sejarah yang paling, negara-negara anggota OKI terpecah belah," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2016).

Menurut dia, konflik yang ada di Timur Tengah saat ini sejatinya tak lepas dari invasi negara barat seperti Amerika Serikat. "Dan hari ini saya baru baca Obama (Presiden Amerika Serikat) minta maaf, menyadari kesalahannya dalam invasi ke Libya," papar dia.

JK memastikan akan membahas beberapa poin Deklarasi Jakarta yang dihasilkan dari KTT Luar Biasa OKI di Indonesia. "Khususnya terkait Palestina juga kerja sama ekonomi," papar dia.

Sementara, KTT OKI reguler diketahui akan diselenggarakan di Istanbul, Turki pada 14-15 April mendatang. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerangkan, tema KTT OKI kali ini adalah Unity and Solidarity For Justice and Peace.

"Akan ada dua dokumen yang dihasilkan dari KTT ini, pertama, final communicate dan OIC 2025 Program of Action. OIC 2025 in adalah program kerja untuk 10 tahun ke depan dan mencakup 18 area kerja sama," kata Retno, Senin 11 April kemarin.

Sementara itu, isu pokok yang akan dibahas di KTT reguler OKI adalah penegasan kembali pentingnya solidaritas negara-negara OKI dalam tantangan baru yang akan dihadapi. "Lalu menekankan pentingnya OKI sebagai agen pembawa nilai toleransi dan nilai Islam alami. Delegasi Indonesia akan membawa isu pentingnya kerja sama ekonomi dalam KTT OKI," tutur Menlu Retno.


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KTT LUAR BIASA OKI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 24-09-2018