Menonton Sepak Bola di Stadion, Wanita Arab Saudi Merasa Lebih Bebas

Arpan Rahman - 14 Januari 2018 14:38 wib
Sejumlah wanita menonton pertandingan sepak bola di stadion King Fahd di Riyadh, Arab Saudi, 13 Januari 2018. (Foto: AFP/ALI AL-ARIFI)
Sejumlah wanita menonton pertandingan sepak bola di stadion King Fahd di Riyadh, Arab Saudi, 13 Januari 2018. (Foto: AFP/ALI AL-ARIFI)

Riyadh: Sejarah sudah diukir di Jeddah pada Jumat malam 12 Januari 2018 dan kini giliran Riyadh, Arab Saudi.

Tiket berwarna merah jambu dikeluarkan untuk pertandingan sepak bola antara klub Al-Hilal melawan Al-Ittihad. Tiket dijual untuk kali kedua sejak larangan wanita menonton pertandingan olahraga di Arab Saudi dicabut.

Sorak sorai di Riyadh membahana saat kaum hawa mulai berdatangan ke Fahd International Stadium. Mereka melukis wajah, berbagi makanan dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya di luar rumah.

Sejumlah wanita memberikan tanda tangan di sebuah papan untuk menandai kehadiran mereka dalam pertandingan bersejarah tersebut.

Di dalam stadion, para wanita melambai-lambaikan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan saat pertandingan dimulai.

Siham, seorang wanita penggemar klub Al-Ittihad, mengatakan bahwa dia tidak pernah merasa lebih bahagia atau lebih bebas dari saat ini.

"Saya terkejut begitu datang ke sini! Saya berasumsi banyak keluarga yhang akan hadir, dan itu ternyata benar. Namun, jumlah wanita yang berkumpul dalam kelompok untuk bersenang-senang dan menikmati pertandingan melebihi jumlah keluarga yang datang," katanya kepada Arab News, Sabtu 13 Januari 2018.

Layla, pecinta sepak bola di antara kerumunan penonton, berkata: "Ini hari yang menyenangkan; malam ini kami semua berdiri bersama, timnya bukan titik fokus utama; kami hadir untuk bersorak sampai tenggorokan kami kering," serunya.

Baca: Arab Saudi akan Izinkan Wanita Masuk ke Stadion Olahraga

Dekrit Kerajaan

Di tengah kegembiraan, sorakan lebih terdengar kala Putri Reema binti Bandar bin Sultan, presiden Federasi Olahraga Komunitas Saudi, yang juga seorang tokoh yang mendorong partisipasi wanita dalam olahraga, memasuki stadion.

Putri Reema melambaikan tangan kepada penonton dan duduk mengobrol dengan beberapa penggemar sepak bola

Seorang pria tua membawa hampir 30 kerabat perempuan dalam pertandingan tersebut, termasuk anak dan keponakannya.

Sambil duduk beberapa baris dari mereka, dia memandang dengan gembira saat para wanita bersorak dan melambaikan bendera ke arah tim mereka. Penggemar kedua tim duduk di area yang sama.

Sebelumnya, pertandingan sepakbola digelar di stadion King Abdullah Sports City di Jeddah. Pertandingan menghadirkan klub Al-Ahli sebagai tuan rumah melawan Al-Batin dalam laga Liga Arab Saudi.

Keputusan mengizinkan perempuan menonton di stadion pertama kali diumumkan pada 29 Oktober. Keputusan muncul sebulan setelah kerajaan mengeluarkan dekrit yang mencabut larangan mengemudi bagi perempuan.

 


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ARAB SAUDI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-04-2018