DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Polisi Israel Rekomendasikan Dakwaan atas PM Netanyahu

Arpan Rahman - 14 Februari 2018 17:12 wib
PM Israel Benjamin Netanyahu akan didakwa terkait korupsi (Foto: AFP).
PM Israel Benjamin Netanyahu akan didakwa terkait korupsi (Foto: AFP).

Tel Aviv: Polisi Israel merekomendasikan agar Benjamin Netanyahu didakwa atas tuduhan penyuapan dan pelanggaran kepercayaan. Ini pukulan memalukan yang sudah menyebabkan masa depan politik Perdana Menteri Netanyahu diragukan.
 
Setelah penyelidikan 14 bulan atas dua kasus dugaan korupsi, jaksa agung negara tersebut akan memeriksa bukti tersebut. Kemudian, mungkin dalam waktu beberapa bulan, memutuskan apakah akan mendakwa.
 
Pernyataan polisi, Selasa malam, mengatakan bahwa bukti yang cukup telah dikumpulkan atas perdana menteri. Ia telah melakukan kejahatan "penyuapan, kecurangan, dan pelanggaran kepercayaan".
 
Setelah kabar tentang laporan polisi menyebar di media Israel, Netanyahu mengadakan sebuah konferensi pers di Yerusalem. Ia dengan keras membantah melakukan kesalahan dan menolak rumor bahwa dia akan mundur.
 
Dia berkata bahwa perkembangan tersebut merupakan yang terakhir dalam daftar panjang upaya menyingkirkannya dari pemerintahan. 
 
"Semua usaha ini berakhir dengan sia-sia karena saya tahu yang sebenarnya. Saya katakan, juga saat ini, semuanya akan berakhir dengan percuma," tegasnya, seperti  dilansir Guardian, Rabu 14 Februari 2018. Ia menambahkan, berencana mencalonkan diri dalam pemilihan yang diadakan pada akhir tahun depan.
 
Polisi sudah menanyai Netanyahu beberapa kali di kediaman resminya di Yerusalem selama beberapa bulan terakhir mengenai dua kasus di mana dia menjadi tersangka.
 
Kasus 1000, atau yang disebut "skandal hadiah", melibatkan klaim bahwa dia dan keluarganya menerima hadiah berharga dari sejumlah milyarder internasional, termasuk cerutu mahal, sampanye merah muda, dan perhiasan untuk istrinya. Diduga suap dermawan kaya termasuk produser Hollywood dan tokoh media Arnon Milchan serta pengusaha Australia James Packer.
 
Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan Netanyahu menerima hadiah senilai 750.000 shekel (USD208.300) dari Milchan, dan 250.000 shekel (atau USD70,822) dari Packer. Sebagai gantinya, Netanyahu membantu Milchan, produser yang memproduksi film Pretty Woman and Fight Club, mengenai masalah visa Amerika Serikat dan potongan pajak Israel.
 
Secara terpisah, kasus 2000 berkaitan pembicaraan rahasia dengan penerbit sebuah surat kabar terkemuka Israel, Yedioth Ahronoth. Di mana Netanyahu diduga meminta pertanggungan positif dengan imbalan merusak kompetitor, yakni surat kabar Israel pro-Netanyahu, Hayom.
 
Polisi mengatakan bahwa Milchan dan Mozes dapat dikenai tuduhan penyuapan. Tidak ada komentar langsung dari keduanya.
 
Setelah memerintah selama hampir 12 tahun dalam empat periode, pemimpin berusia 68 tahun itu memimpin sebuah koalisi berimbang yang membuat dia berkuasa.
 
Mantan perdana menteri dan saingan politik Netanyahu, Ehud Barak, meminta Netanyahu untuk mundur sukarela dan agar koalisi memilih pengganti.
 
Sebuah jajak pendapat oleh Channel 10 setempat menemukan musim panas lalu bahwa 66 persen orang Israel percaya bahwa perdana menteri harus mengundurkan diri jika didakwa. Demonstrasi mingguan mengenai lambannya investigasi juga menambah tekanan pada petugas buat mengajukan rekomendasi.
 
Pekan lalu, penyelidikan itu menjadi kontroversi ketika komisaris polisi, Inspektur Jenderal Roni Alsheich, menuding bahwa Perdana Menteri telah mengirim penyidik ??swasta demi mengumpulkan informasi mengenai petugas polisi yang menginvestigasi dia. Kantor Netanyahu mengatakan tudingan itu "aneh" untuk membayangi penyelidikan korupsi. 



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ISRAEL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018