Temui Abbas, Putin Tegaskan Rusia Selalu Dukung Palestina

Willy Haryono - 13 Februari 2018 12:18 wib
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Moskow, 12 Februari 2018. (Foto: AFP/MIKHAIL KLIMENTIEV)
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Moskow, 12 Februari 2018. (Foto: AFP/MIKHAIL KLIMENTIEV)

Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin menjamu Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang berkunjung ke Moskow, Senin 12 Februari 2018. Kunjungan dilakukan dua pekan usai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu datang ke Rusia.

Saat bertemu Abbas, Putin langsung memberitahu Abbas bahwa dirinya baru saja berbicara dengan Presiden AS Donald Trump. "Tentu saja kami berbicara mengenai konflik Israel-Palestina," ujar Putin.

"Situasi saat ini sangat jauh dari apa yang kita semua harapkan. Namun tentu saja, saya selalu mendukung masyarakat Palestina," lanjut dia kepada Abbas, seperti dikutip AFP.

Abbas datang ke Moskow untuk mengamankan dukungan Putin atas langkah Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tahun lalu. Putin menilai kunjungan Abbas ini merupakan salah satu fase penting dalam penyelesaian isu Yerusalem.

"Penting bagi kami untuk mengetahui opini personal Anda dan mengambil pendekatan yang sama untuk menyelesaikan masalah ini," sebut Putin ke tamunya. 

Abbas menolak segala bentuk kontak dengan pemerintahan AS di bawah Presiden Donald Trump sejak pengakuan Yerusalem tahun lalu. Palestina menilai AS bersikap tidak konsisten karena juga mendukung solusi dua negara di Yerusalem. 

Ia dijadwalkan berbicara di Dewan Keamanan PBB pada 20 Februari mendatang.

Israel mengambil alih Yerusalem Timur dalam Perang Enam Hari pada 1967. Setelah dianeksasi, Israel mendeklarasikannya sebagai bagian dari ibu kotanya yang tidak dapat dipisahkan. 

Padahal, Palestina memandang Yerusalem Timur sebagai ibu kota di masa mendatang.

 


(WIL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG POLITIK RUSIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA EROPA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018