DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Mutu Kayu Indonesia Ditawarkan di Pameran Furnitur Austria

Sonya Michaella - 14 Maret 2018 09:59 wib
Pameran kayu Indonesia di Wina, Austria. (Foto: KBRI Wina)
Pameran kayu Indonesia di Wina, Austria. (Foto: KBRI Wina)

Wina: Untuk pertama kalinya, Indonesia berpartisipasi di pameran furnitur terbesar di Austria bertajuk Wohnen and Interieur yang dihelat di Wina, pekan ini. 

Perwakilan dari Indonesia tentu saja KBRI dan PTRI Wina dengan menggandeng lima perusahaan furnitur terkemuka Indonesia.

Kelima perusahaan asal Indonesia adalah Aninda Furniture, Andatu Jati Arjuna, Arezou Furniture, Dollar Furniture, dan Kita Timba.

"Furnitur Indonesia tidak saja memiliki kualitas tinggi, desain unik dan ramah lingkungan, tetapi sudah layak bersaing di pasar Eropa," kata Duta Besar RI untuk Austria, Darmansjah Djumala, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Rabu 14 Maret 2018.

Dalam konteks perdagangan internasional, lanjut dia, Indonesia memiliki keunggulan komparatif dengan adanya kesepakatan SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) antara Indonesia dan Uni Eropa yang mengizinkan kayu Indonesia masuk ke kawasan Uni Eropa tanpa harus melewati tes yang dapat menghemat waktu dan biaya.



"Tentunya proses tanpa uji ini akan menambah daya saing produksi dan menjadi keunggulan produk kayu Indonesia dibanding negara lain," ujar Dubes Djumala.

Ia juga menambahkan bahwa dengan pemberlakukan kesepakatan kemitraan antara Indonesia dan Uni Eropa sejak 15 November 2016 lalu, diharapkan pengusaha kayu Indonesia dapat memanfaatkan semaksimal mungkin kesepakatan ini untuk meningkatkan ekspor kayu terutama ke Austria.

Menurut catatan, ekspor Indonesia ke Austria di bidang furnitur dan produk olahan kayu mencapai USD7,5 juta dengan volum sebanyak 2 ribu ton.

Jenis dan bentuk furnitur Indonesia yang masuk pasar Austria antara lain lemari-lemari kayu, hiasan atau pajangan rumah, meja dan kursi kayu untuk di dalam dan luar ruangan.

Pameran Wohnen and Interiur merupakan salah satu pameran furnitur dan interior terbesar di Austria dengan konsep business to customer, yang diikuti lebih dari 750 eksibitor dari negara-negara Eropa, seperti Jerman, Belanda, Italia, Swiss, Belgia, Hungaria, dan Ceko. 



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INDONESIA-AUSTRIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA EROPA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 26-09-2018