Rumania Hentikan 150 Pengungsi Irak yang Coba Seberangi Laut Hitam

Marcheilla Ariesta - 13 September 2017 17:12 wib
Imigran gelap masih terus berupaya masuk ke wilayah Eropa (Foto: AFP).
Imigran gelap masih terus berupaya masuk ke wilayah Eropa (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Bucharest: Otoritas Rumania menyebutkan berhasil menyelamatkan lebih dari 150 migran di Laut Hitam. Ini merupakan insiden kelima sejak Agustus lalu.
 
Hal ini menimbulkan kekhawatiran adanya rute migran baru yang terbuka ke Eropa.
 
Dikutip dari AFP, Rabu 13 September 2017, pihak berwenang menyebutkan 153 orang, termasuk di antaranya 53 anak-anak dan 51 perempuan ada di kapal tersebut. Mayoritas para pengungsi ini berasal dari Irak.
 
"Lautan tak tenang malam ini, gelombang naik tiga meter. Orang-orang ini berada dalam situasi yang sangat berbahaya dan berisiko tenggelam," ujar juru bicara penjaga pantai Constanta Cristian Cicu.
 
Para pencari suaka ini sudah dibawa ke Pelabuhan Midia di Rumania. Kedatangan mereka disaksikan para awak media. Saat ini pemeriksaan kesehatan tengah dilakukan sebelum diserahkan ke pihak imigrasi.
 
Meski anggota Uni Eropa, Rumania bukan bagian dari zona Schengen paspor bebas di kawasan itu. Hingga kini, sebagian besar negara Uni Eropa menghindari arus pengungsi dan migran yang mencari suaka di wialyah mereka selama beberapa tahun terakhir.
 
Rumania khawatir Laut Hitam bisa menjadi jalur alternatif bagi para migran yang mencari kehidupan baru di Eropa. Pasalnya, perjalanan berbahaya melintasi Laut Mediterania semakin sulit ditempuh.
 
Hingga bulan lalu, hanya segelintir migran yang ditangkap di Laut Hitam sejak krisis migran meletus pada musim panas 2015. Namun telah terjadi peningkatan nyata selama beberapa pekan terakhir, dengan 570 migran lainnya berhasil dicegat antara Agustus dan September.



(FJR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG IMIGRAN GELAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA EROPA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-09-2017